Marilah berbagi ilmu karena bernilai sedekah . Sedikit ilmu namun diamalkan , itu lebih baik daripada banyak ilmu namun tidak diamalkan . Marilah kita memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan ilmu dan hargailah hasil karya orang lain . Teruslah berkarya walau di nilai kurang menarik karena mungkin bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya . Janganlah mencela hasil karya orang lain karena boleh jadi yang mencela tidak lebih baik dari yang di cela . Berupayalah mengamalkan ilmu karena ilmu yang tidak diamalkan adalah sia - sia dan tidak bermanfaat . Dari Al Fakir untuk seluruh insan . Sholawat dan Salam selalu terlimpahkan dengan istiqomah kepada Nabi Muhammad Saw. , Semoga bermanfaat baik di kehidupan dunia maupun akhirat !

Sabtu, 19 Mei 2012

Taat Pada Pemimpin




Sungguh lucu dan menarik apabila seorang pemimpin yang telah dipilih langsung oleh rakyatnya kemudian pada masa pemerintahannya tidak mendukungnya sebagai pemimpin padahal masa jabatannya belum berakhir . Imam / pemimpin umat ada karena didukung rakyat / umat / para pengikutnya dan segala perintah serta kebijakannnya wajib diikuti dan dilaksanakan kecuali perintah untuk maksiyat kepada Allah maka tidak boleh diikuti sebagaimana firman Allah dalam surah Al – Anfal : 20 yang berbunyi : “ Hai orang – orang yang beriman , taatlah kepada Allah dan Rasul – NYA dan para pemimpinmu ” , bila di masa jabatannya terdapat kebijakan yang keliru atau menyusahkan rakyat maka kewajiban rakyat adalah memberi nasihat dan sabar jadi bukan dilakukan dengan memberontak sebagaimana petunjuk Nabi dalam hadis :
  • Abu Hurairah ra. berkata : Rasulullah Saw. bersabda : “ Siapa yang taat padaku berarti taat kepada Allah , siapa yang tidak taat / durhaka padaku  berarti tidak taat / durhaka kepada Allah , siapa yang taat kepada pemimpinnya berarti taat padaku dan siapa yang durhaka kepada pemimpinnya berarti durhaka kepadaku ”.
  • Ibn Abbas ra. berkata : Rasulullah Saw. bersabda : “ Siapa yang membenci sesuatu dari pemerintahnya hendaknya sabar . Sesungguhnya siapa yang keluar dari pemerintahnya walau sekedar sejengkal kemudian ia mati maka mati dalam keadaan jahiliyah ”.
  • Ibn Umar ra. berkata : Nabi Saw. bersabda : “ Seorang muslim wajib mendengar , taat pada pemerintahnya dalam hal yang disetujui atau tidak disetujui kecuali jika diperintah untuk maksiyat , maka apabila diperintah maksiyat tidak boleh mendengar dan tidak boleh taat ”. ( Terjemah Riadhus Shalihin I , Salim Bahreisy , Hal. 535 )
  • Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar ra. bahwa Nabi Saw. pernah bersabda : “ Seseorang harus mendengar dan mematuhi perintah imam selama bukan perintah maksiyat . Apabila seseorang diperintah maksiyat maka tidak boleh mendengar dan mematuhi ”. ( Ringkasan Hadis Shahih Al - Bukhari , Imam Az – Zabidi , Hal. 600 )

Posted by: Nama Blog magicmarketid, Updated at: 09.57.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar