Marilah berbagi ilmu karena bernilai sedekah . Sedikit ilmu namun diamalkan , itu lebih baik daripada banyak ilmu namun tidak diamalkan . Marilah kita memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan ilmu dan hargailah hasil karya orang lain . Teruslah berkarya walau di nilai kurang menarik karena mungkin bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya . Janganlah mencela hasil karya orang lain karena boleh jadi yang mencela tidak lebih baik dari yang di cela . Berupayalah mengamalkan ilmu karena ilmu yang tidak diamalkan adalah sia - sia dan tidak bermanfaat . Dari Al Fakir untuk seluruh insan . Sholawat dan Salam selalu terlimpahkan dengan istiqomah kepada Nabi Muhammad Saw. , Semoga bermanfaat baik di kehidupan dunia maupun akhirat !

Sabtu, 19 Mei 2012

Salam




Bagi sesama muslim ketika bertemu mengucapkan salam yakni “ Assalaamu ‘ Alaikum ” , berbeda halnya mengucapkan salam kepada Nabi yakni “ Assalaamu ‘ Alaika Ya Rasulallaah ” , lalu bagaimanakah mengucapkan salam kepada Allah ? Salam kepada Allah tentu berbeda lafal kalimatnya dengan kalimat salam dengan sesama muslim atau kepada Nabi . Lafal kalimat salam kepada Allah adalah “ Attahiyyaatulillah / attahiyyaatul mubaarakaatush shalawaatuth thayyibaatu lillaah ” . Mungkin timbul pertanyaan , mengapa bunyi salamnya bukan “ Assalaamu ‘ alaa Allah ” ? jawabnya : karena Allah adalah As – Salam artinya Allah Maha Pemberi Keselamatan .
Adapun lafal kalimat salam bagi sesama muslim mulai dari Nabi Adam sampai manusia terakhir  yang muslim adalah “ Assalaamu ‘ alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shaalihiin ” .
Bagaimana aturan mengucapkan salam bagi sesama muslim dan non muslim ? Perhatikanlah hadis berikut :
  • Hadis yang diriwayatkan oleh Anas ra. bahwa Rasulullah Saw. bersabda : “ Jika orang – orang ahli kitab memberi salam kepada kamu maka jawablah : “ Wa ‘ Alaikum ”. ( Terjemah Riadhus Shalihin I , Salim Bahreisy , Hal. 45 ) . Ahli kitab maksudnya kaum Nasrani / Kristen dan kaum Yahudi / Bani Israil . Berdasarkan hadis tersebut maka orang Islam jangan menjawab salam dengan ucapan “ Wa ‘ Alaikum Salam ” namun ucapkan “ Wa ‘ Alaikum ”.
  • Hadis ini tentang pahala mengucapkan salam , hadis yang diriwayatkan oleh “ Imran Bin Hushain ra. bahwa : “ Seorang datang kepada Nabi Saw. dan mengucapkan : Assalaamu ‘ alaikum , maka dijawab oleh Nabi Saw. kemudian ia duduk . Nabi Saw. bersabda : sepuluh , kemudian datang pula orang lain dan memberi salam : Assalaamu ‘ alaikum wa rahmatullaah dan setelah dijawab oleh Nabi Saw. ia duduk . Nabi Saw. berkata : dua puluh , kemudian orang ketiga datang dan mengucapkan : Assalaamu ‘ alaikum wa rahmatullaah wa barakaatuh , maka dijawab oleh Nabi Saw. dan Nabi Saw berkata : tiga puluh ”. Hadis ini didasarkan kepada firman Allah yang berbunyi : “ Jika kamu diberi salam hendaknya kamu menjawab dengan yang lebih baik ( sempurna ) atau asal menjawab ”. Maksudnya jika ada orang mengucapkan : Assalaamu ‘alaikum maka jawablah wa ‘alaikum salam atau yang lebih baik yakni wa ‘alaikum salam wa rahmatullah , dan bila mengucapkan : Assalaamu ‘alaikum wa rahmatullah maka jawablah wa ‘alaikum salam wa rahmatullah atau yang lebih baik wa ‘alaikum salam wa rahmatullah wa barakaatuh , dan bila ada orang mengucapkan : Assalaamu ‘alaikum wa rahmatullaah wa barakaatuh maka jawablah dengan kalimat sempurna : wa ‘alaikum salaam wa rahmatullah wa barakaatuh .

Posted by: Nama Blog magicmarketid, Updated at: 09.27.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar