Marilah berbagi ilmu karena bernilai sedekah . Sedikit ilmu namun diamalkan , itu lebih baik daripada banyak ilmu namun tidak diamalkan . Marilah kita memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan ilmu dan hargailah hasil karya orang lain . Teruslah berkarya walau di nilai kurang menarik karena mungkin bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya . Janganlah mencela hasil karya orang lain karena boleh jadi yang mencela tidak lebih baik dari yang di cela . Berupayalah mengamalkan ilmu karena ilmu yang tidak diamalkan adalah sia - sia dan tidak bermanfaat . Dari Al Fakir untuk seluruh insan . Sholawat dan Salam selalu terlimpahkan dengan istiqomah kepada Nabi Muhammad Saw. , Semoga bermanfaat baik di kehidupan dunia maupun akhirat !

Sabtu, 26 Mei 2012

Sifat Manusia




Beberapa sifat manusia yang disebutkan dalam Al – Qur’an sebagai berikut :
  • Ada manusia yang berkata : “ kami telah beriman ” tetapi dalam hatinya menyimpan kebencian kepada orang yang beriman , oleh sebab itu maka Allah memberi ujian untuk memperlihatkan kepada manusia tentang siapa yang benar – benar beriman atau hanya pura – pura beriman . Hal ini telah disebutkan dalam surah Al – Baqarah : 76  dan surah Al – Ankabut : 2 – 3
  • Manusia senang berdebat untuk membela siapapun yang sesuai dengan keinginan / hawa nafsunya , kepentingan pribadi dan kelompoknya walaupun yang dibela sudah nyata / memang benar – benar telah berbuat salah karena melanggar peraturan baik hukum Allah yang kebenarannya mutlak dan atau hukum buatan manusia . Hal tersebut telah dijelaskan dalam surah An – Nisa’ : 109 yang berbunyi : “ Beginilah kamu , kamu sekalian adalah orang – orang yang berdebat untuk ( membela ) mereka dalam kehidupan dunia ini . Maka siapakah yang akan mendebat Allah pada hari kiamat ? atau siapakah yang jadi pelindung mereka ( terhadap siksa Allah ) ? ”.
  • Ada sebagian manusia yang apabila dinasihati maka nasihat tersebut dijadikan bahan ejekan dan permainan . Hal ini ditegaskan dalam surah Al – Maidah : 58 yang berbunyi : “ Dan apabila kamu menyeru ( mereka ) untuk ( mengerjakan ) shalat , mereka menjadikannya buah ejekan dan permainan . Yang demikian itu adalah karena mereka benar – benar kaum kaum yang tidak mau mempergunakan akal ”.


Posted by: Nama Blog magicmarketid, Updated at: 08.43.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar