Marilah berbagi ilmu karena bernilai sedekah . Sedikit ilmu namun diamalkan , itu lebih baik daripada banyak ilmu namun tidak diamalkan . Marilah kita memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan ilmu dan hargailah hasil karya orang lain . Teruslah berkarya walau di nilai kurang menarik karena mungkin bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya . Janganlah mencela hasil karya orang lain karena boleh jadi yang mencela tidak lebih baik dari yang di cela . Berupayalah mengamalkan ilmu karena ilmu yang tidak diamalkan adalah sia - sia dan tidak bermanfaat . Dari Al Fakir untuk seluruh insan . Sholawat dan Salam selalu terlimpahkan dengan istiqomah kepada Nabi Muhammad Saw. , Semoga bermanfaat baik di kehidupan dunia maupun akhirat !

Sabtu, 19 Mei 2012

Fitnah Hidup




Fitnah / ujian hidup bagi manusia terbagi dalam :
  1. Fitnah / ujian bagi ummat Islam
  2. Fitnah / ujian hidup bagi manusia
  3. Fitnah / ujian bagi suami
  4. Fitnah / ujian bagi laki - laki
1. Fitnah / ujian bagi ummat Islam
Nabi telah menerangkan bahwa fitnah bagi ummat Islam adalah kaya harta sebagaimana hadis yang diriwayatkan dari Ka’ab bin ‘Iyadh ra bahwa Rasulullah Saw. bersabda : “ Tiap ummat mempunyai fitnah / cobaan / ujian masing – masing dan fitnah bagi ummatku adalah kekayaan harta ”. ( Terjemah Riadhus Shalihin I , Salim Bahreisy , Hal. 412 )
Dalam urusan harta / urusan dunia maka sikap ummat Islam seharusnya seperti yang diajarkan Nabi dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah Saw. bersabda : “ Lihatlah orang yang dibawahmu dan jangan melihat orang yang diatasmu karena demikian itu lebih tepat supaya kamu tidak meremehkan nikmat Allah kepadamu ”. Dalam lain riwayat : “ Jika kamu melihat kepada dunia ( kekayaan dan harta benda ) maka hendaknya melihat kepada yang lebih rendah daripadanya ( maksudnya lebih miskin dari dirinya sendiri ) supaya dapat menghindarkan kerisauan hati dan sifat rakus , tetapi dalam hal akhlak dan ketaatan kepada Allah maka harus melihat kepada orang yang lebih taat dan berbudi dari kamu supaya menambah ketaatan dan bakti kepada Allah ”.
    • Nabi Saw. telah bersabda : “ Sesungguhnya besarnya pahala tergantung pada besarnya ujian dan sesungguhnya siapa yang ridla maka akan mendapat ridla Allah dan siapa yang murka / tidak rela menerima ujian maka akan mendapat murka Allah ”. ( Terjemah Riadhus Shalihin I , Salim Bahreisy , Hal. : 68 )
    • Firman Allah dalam surah Al – Baqarah : 155 yang berbunyi : “ Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu dengan sedikit ketakutan , kelaparan , kekurangan harta , jiwa dan buah – buahan . Dan berikanlah berita gembira kepada orang – orang yang sabar ”.

2. Fitnah / ujian hidup bagi manusia
    • Ujian hidup bagi manusia sebagaimana firman Allah dalam surah Ali – Imran : 14 yang berbunyi : “ Dijadikan indah pada pandangan manusia kecintaan kepada apa – apa yang diingini yaitu wanit` , anak , harta yang banyak dari jenis emas , perak , kuda pilihan , binatang ternak dan sawah ladang . Itulah kesenangan hidup diduniadan disisi Allah lah tempat kembali yang baik ”.
    • Diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas ra. , dia berkata : saya pernah mendengar Nabi Saw. bersabda : “ Seandainya seorang manusia memiliki harta sebanyak dua lembah , niscaya dia akan menginginkan tiga lembah dan tidak ada yang dapat memuaskan perutnya kecuali tanah ( yakni mati berkalang tanah ) . Allah akan mengampuni orang yang bertaubat ”.
    • Firman Allah dalam surah Maryam : 59 yang berbunyi : “ Maka datanglah sesudah mereka pengganti yang ( yang jelek ) yang menyia – nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya maka mereka kelak akan menemui kesesatan ”.
3. Fitnah / ujian bagi suami
                  Fitnah / ujian bagi suami sebagaimana diterangkan oleh Allah dalam surah At – Taghabun : 14 – 15 yang berbunyi : “ Hai orang – orang yang beriman , sesungguhnya diantara istri – istrimu dan anak – anakmu ada yang menjadi musuh bagimu maka berhati – hatilah kamu terhadap mereka dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni mereka maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun . Sesungguhnya hartamu dan anak – anakmu hanyalah cobaan bagimu , disisi Allah lah pahala yang besar ”.
4. Fitnah  / ujian bagi laki - laki
·         Fitnah / ujian bagi laki – laki sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id Al – Khudry ra. bahwa Rasulullah Saw. bersabda : “ Sesungguhnya dunia ini indah dan manis , dan sesungguhnya Allah akan menyerahkannya kepada kamu maka Allah akan melihat bagaimana kamu perbuat kepadanya , maka berhati – hatilah kamu dari godaan dunia dan godaan perempuan ”.
·         Diriwayatkan dari Abdullah ra. , dia berkata : saya bertanya kepada Nabi Saw. : Apa dosa yang paling besar menurut Allah ? Rasulullah Saw. menjawab : “ Kau jadikan sekutu bagi Allah , padahal Dialah yang telah menciptakanmu ” . saya berkata : dosa tersebut memang amat besar . Lalu saya bertanya lagi : Apa dosa berikutnya ? Rasulullah Saw. menjawab : “ Kau bunuh anakmu karena kamu takut dia akan mengurangi jatah makananmu ” . Saya bertanya lagi : Apa dosa berikutnya ? Rasulullah Saw. menjawab : “ Kau berzina dengan istri tetanggamu ”.
·         Diriwayatkan dari Usamah bin Zaid ra. bahwa Nabi Saw. pernah bersabda : “ Sepeninggalku nanti tidak ada fitnah yang lebih berbahaya bagi laki – laki daripada fitnah perempuan ”.




Posted by: Nama Blog magicmarketid, Updated at: 09.13.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar