Marilah berbagi ilmu karena bernilai sedekah . Sedikit ilmu namun diamalkan , itu lebih baik daripada banyak ilmu namun tidak diamalkan . Marilah kita memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan ilmu dan hargailah hasil karya orang lain . Teruslah berkarya walau di nilai kurang menarik karena mungkin bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya . Janganlah mencela hasil karya orang lain karena boleh jadi yang mencela tidak lebih baik dari yang di cela . Berupayalah mengamalkan ilmu karena ilmu yang tidak diamalkan adalah sia - sia dan tidak bermanfaat . Dari Al Fakir untuk seluruh insan . Sholawat dan Salam selalu terlimpahkan dengan istiqomah kepada Nabi Muhammad Saw. , Semoga bermanfaat baik di kehidupan dunia maupun akhirat !

Sabtu, 19 Mei 2012

Tata Krama Makan




Beberapa adab kesopanan dalam makan sebagaimana diterangkan dan diajarkan oleh Nabi yang terdapat dalam hadis sebagai berikut :
  • Firman Allah dalam surah Al – A’raf : 31 yang berbunyi : “ Makanlah dan minumlah dan jangan berlebih – lebihan . Sesungguhnya Allah tidak suka kepada orang yang berlebih – lebihan / melampaui batas ”.
  • Janganlah makan bila telah kenyang dan segeralah makan bila lapar sebagaimana Nabi Saw. telah bersabda : “ Kita adalah suatu kaum yang tidak makan sebelum lapar dan apabila kita makan maka tidak sampai kenyang ”.
  • Nabi telah bersabda : “ Tiada anak Adam mengisi dengan penuh wadah yang lebih buruk daripada perutnya . Cukupkan bagi anak Adam beberapa suapan  yang meluruskan / menegakkan tulang punggungnya . Kalau harus mengisinya maka hendaknya sepertiga untuk makan , sepertiga untuk minum dan sepertiga untuk udara ”.
  • Aisyah ra berkata : Rasulullah Saw. bersabda : “ Jika salah seorang di antaramu hendak makan maka sebutlah nama Allah ( Bismillaah ) , jika lupa menyebut nama Allah pada awalnya maka bacalah : بسم الله اوله و آخره  ( bismillaahi awwalahu wa aakhirohu ) ”.
  • Ibn Abbas ra. berkata : Nabi Saw. bersabda : “ Berkat itu turun di tengah – tengah makanan maka makanlah dari pinggir / tepi dan jangan makan dari tengahnya ”.
  • Ibn Umar ra. berkata : Nabi Saw. bersabda : “ Apabila salah seorang di antara kamu akan maka , hendaklah ia makan dengan tangan kanannya . Dan apabila ia akan minum , hendaklah ia minum dengan tangan kanannya , karena syaitan itu makan dan minum dengan tangan kiri ”. Berdasarkan ajaran Nabi tersebut maka orang Islam tidak boleh meniru cara makan dan minum orang yang tidak beragama Islam / non muslim karena cara tersebut cara syaitan .
  • Abu Hurairah ra. berkata : Rasulullah Saw. tidak pernah mencela makanan . Jika Ia suka dimakannya dan jika tidak suka ditinggalkannya ”.
  • Muadz bin Anas ra. berkata : Rasulullah Saw. bersabda : “ Siapa yang makan kemudian membaca : الحمد لله الذى أطعمنى هذا و رزقنيه من غير حول منى و لا قوة  ( Alhamdulillaahilladsii ath’amanii hadsaa wa rozaqoniihi min ghairi haulin minnii wa laa quwwatin ) diampuni dosa – dosa yang telah lalu ”.
  • Abu Umamah ra. berkata : “ Nabi jika selesai makan dan mengangkat hidangannya membaca : الحمد لله حمدا كثيرا طيبا مباركا فيه غير مكفى و لا مستغنى عنه ربنا  ( Alhamdulillaahi hamdan katsiiron thoyyiban mubaarokan fiihi ghaira makfiyyin wa laa mustaghnan ‘anhu robbanaa ) ”.

Posted by: Nama Blog magicmarketid, Updated at: 09.15.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar