Berbagilah ilmu karena menjadi sedekah bagimu . Di antara kita , ada yang telah mengetahui ilmu / pengetahuan yang kita bagi dan ada pula yang belum mengetahui . Marilah kita memanfaatkan media penyebar ilmu dan menghargai hasil karya orang lain . Teruslah berkarya walau di nilai kurang menarik karena mungkin karya tersebut bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya . Janganlah mencela hasil karya orang lain karena boleh jadi yang mencela tidak lebih baik dari yang di cela . Berupayalah mengamalkan ilmu karena ilmu yang tidak diamalkan adalah sia - sia dan tidak bermanfaat . Dari Al Fakir untuk seluruh insan . Sholawat dan Salam selalu terlimpahkan dengan istiqomah kepada Nabi Muhammad Saw. , Semoga bermanfaat baik dalam kehidupan dunia maupun akhirat !

Sabtu, 19 Mei 2012

Ikhwal Jenazah




Apabila ruh baru saja keluar dari tubuh maka terdengarlah 3 teriakan dari langit .
  • Teriakan pertama berbunyi : Hai anak Adam ! engkau meninggalkan dunia atau dunia yang meninggalkanmu ?
  • Teriakan kedua berbunyi : engkau mengumpulkan dunia atau dunia mengumpulkanmu ?
  • Teriakan ketiga berbunyi : engkau yang membunuh dunia atau dunia yang membunuhmu ?
Apabila tubuh / jasad diletakkan diatas pemandian maka terdengar lagi  teriakan .
  • Teriakan tersebut berbunyi : Hai anak Adam ! apakah yang melemahkan badanmu yanf kuat itu ? mana lidahmu yang fasih / pandai berbicara itu ? apa yang membungkamnya sehingga tidak bisa berbicara ? mana telinga yang kamu gunakan untuk mendengar itu ? apa yang menutupnya sehingga tidak bisa mendengar ?  mana teman – temanmu yang setia ? apa yang menjadikanmu merasa kesepian ?
Apabila tubuh telah terbungkus kain kafan maka terdengar lagi teriakan dari langit .
  • Teriakan tersebut berbunyi : Hai anak Adam ! engkau akan bahagia bila ditemani ridha dari Allah dan celaka bila ditemani murka Allah .
  • Hai anak Adam ! engkau pergi dalam perjalanan yang jauh tanpa bekal dan keluar dari rumahmu dengan tiada harapan akan kembali untuk selama – lamanya bahkan akan tiba ditempat kebinasaan .
Apabila jenazah diangkat maka terdengar teriakan dari langit .
  • Hai anak Adam ! engkau akan bahagia bila amalmu / perbuatanmu baik , berbahagia bila telah bertaubat dari dosa dan berbahagialah bila engkau taat kepada Allah .

Apabila jenazah diletakkan untuk dishalati maka terdengar teriakan dari langit .
  • Hai anak Adam ! semua amal yang telah dilakukan akan terlihat olehmu saat ini , bila amalmu baik akan terlihat baik dan bila jelek akan terlihat jelek .
Apabila jenazah diletakkan ditepi kubur terdengar teriakan dari langit .
  • Hai anak Adam ! bekal apakah yang dibawa dari kemakmuran hidup menuju kehancuran ini , dari kekayaan hidup menuju kemiskinan , dari cahaya untuk kegelapan kubur ?
Apabila mayat telah dimasukkan dalam liang kubur terdengar teriakan dari langit .
  • Hai anak Adam ! engkau selalu tertawa diatas punggungku dan sekarang menangis didalam perutku , engkau selalu bergembira diatas punggungku dan sekarang bersedih didalam perutku , engkau selalu berkata – kata diatas punggungku dan sekarang bungkam diam didalam perutku
Apabila para pengantar jenazah pulang maka Allah berfirman : Hai hamba – Ku ! engkau ditinggalkan seorang diri dalam kegelapan kubur , engkau telah bermaksiat kepada – Ku untuk orang – orang itu tetapi hari ini Aku memberimu rahmat serta menyayangimu melebihi sayangnya ibu kepada anaknya .
Hadis yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id Al – Khudry ra. bahwa Rasulullah Saw. bersabda : “ Apabila jenazah diangkat diatas bahu orang – orang maka jenazah orang yang baik berkata : segerakanlah saya , dan kalau jenazah orang jahat berkata : alangkah celaka , hendak kemana kamu akan membawaku ? suara itu didengar oleh semua makhluk kecuali manusia , andaikan manusia mendengar pasti pingsan ”. ( Terjemah Riadhus Shalihin I , Salim Bahreisy , Hal. : 390 )

Posted by: Nama Blog magicmarketid, Updated at: 09.37.00

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar