Berbagilah ilmu karena menjadi sedekah bagimu . Di antara kita , ada yang telah mengetahui ilmu / pengetahuan yang kita bagi dan ada pula yang belum mengetahui . Marilah kita memanfaatkan media penyebar ilmu dan menghargai hasil karya orang lain . Teruslah berkarya walau di nilai kurang menarik karena mungkin karya tersebut bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya . Janganlah mencela hasil karya orang lain karena boleh jadi yang mencela tidak lebih baik dari yang di cela . Berupayalah mengamalkan ilmu karena ilmu yang tidak diamalkan adalah sia - sia dan tidak bermanfaat . Dari Al Fakir untuk seluruh insan . Sholawat dan Salam selalu terlimpahkan dengan istiqomah kepada Nabi Muhammad Saw. , Semoga bermanfaat baik dalam kehidupan dunia maupun akhirat !

Rabu, 18 April 2012

Zuhud




Salah satu sifat yang perlu dimiliki muslim dan mukmin adalah zuhud . Zuhud adalah 
  • Sifat seseorang yang merasa cukup terhadap kebutuhannya dan tidak menginginkan lebih dari apa yang dibutuhkan
  • Sifat seseorang yang merasa acuh terhadap hingar bingar / kesibukan isi dunia
  • Sifat kesederhanaan dalam hidup di dunia
  • Sifat seseorang yang tidak larut / tidak mengikuti trend / mode masa sekarang
  • Sifat seseorang yang mampu mengekang / menetralisir segala keinginan berlebihan terhadap dunia
  • Sifat seseorang yang mampu mengekang / mengontrol kerakusan terhadap dunia
Ahli hikmah mengemukakan hal yang berkaitan dengan zuhud bahwa " jadikanlah dunia beserta perhiasannya  yang berupa harta , wanita , keturunan berada dalam tanganmu / kekuasaanmu dan jangan menempatkannya di hatimu " . Jika menempatkan dunia beserta perhiasannya di hati maka seseorang akan lupa kepada penghapus kenikmatan dan kelezatan dunia yakni maut , lupa mempersiapkan bekal ke negeri akhirat dan mati dalam keadaan penasaran terhadap dunia . Hendaknya hati hanya terisi dzikir kepada Allah , manusia harus memilih salah satu antara dunia dan Allah , jika memilih dunia untuk ditempatkan di hati maka orang tersebut akan lupa siapa tuhannya , lupa dzikir , lupa mati dan lupa kehidupan akhirat yang kekal namun jika memilih Allah yang menempati hati maka orang tersebut akan selalu mempersiapkan diri menghadapi mati , bekal ke negeri akhirat , serta menghadap kepada Allah . Ketahuilah dan ingatlah bahwa Allah telah memalingkan wajah dari dunia semenjak pertama kali diciptakan , oleh sebab itu Nabi telah mengajarkan bahwa orang islam dalam kehidupan dunia bagaikan orang yang sedang dipenjara , ingin segera terbebas darinya dan menikmati kehidupan yang bahagia dan kekal , adapun dunia bagi orang diluar islam adalah syurga dengan berbagai kenikmatan hidup di dunia ini dan kelak di akhirat tidak ada kehidupan bahagia . Sifat orang islam yang zuhud sebagaimana telah disabdakan oleh Nabi Muhammad Saw. :
  • Manusia yang tidak melupakan alam kubur / barzakh
  • Meninggalkan perhiasan dunia namun bukan berarti tidak butuh . Memenuhi kebutuhan secukupnya dan tidak berlebihan
  • Lebih mengutamakan kehidupan akhirat yang kekal abadi daripada kehidupan dunia yang sesaat karena terbatas dengan usia
  • Tidak memperhitungkan hari esok dari hari yang sedang dijalani maksudnya mempergunakan hari / saat ini dengan sebaik - baiknya karena boleh jadi sesaat lagi atau esok hari mati / tidak berharap akan berumur panjang karena tidak ada seorangpun yang tahu kapan ajal / maut datang .
  • Selalu menyerahkan diri kepada kematian artinya manusia dalam menjalani hidup menuju kearah kematian dan tidak bisa menghindar darinya .

Posted by: Nama Blog magicmarketid, Updated at: 16.11.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar