Berbagilah ilmu karena menjadi sedekah bagimu . Di antara kita , ada yang telah mengetahui ilmu / pengetahuan yang kita bagi dan ada pula yang belum mengetahui . Marilah kita memanfaatkan media penyebar ilmu dan menghargai hasil karya orang lain . Teruslah berkarya walau di nilai kurang menarik karena mungkin karya tersebut bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya . Janganlah mencela hasil karya orang lain karena boleh jadi yang mencela tidak lebih baik dari yang di cela . Berupayalah mengamalkan ilmu karena ilmu yang tidak diamalkan adalah sia - sia dan tidak bermanfaat . Dari Al Fakir untuk seluruh insan . Sholawat dan Salam selalu terlimpahkan dengan istiqomah kepada Nabi Muhammad Saw. , Semoga bermanfaat baik dalam kehidupan dunia maupun akhirat !

Rabu, 25 April 2012

Renungan


Wahai manusia yang merasa sempurna dengan akal dan hati renungkanlah kata - kata ini dan semoga dapat membawa kemanfaatan . Anda yang :
  • merasa sempurna dengan segala kelebihan dan kekurangan namun sifat kehewanan dan mengikuti nafsu menjerumuskan ke derajat yang lebih rendah dari binatang lalu di manakah peranan akal hingga dapat dikalahkan oleh nafsu ? Tidakkah kerakusan akan dunia telah melebihi hewan ?
  • merasa menjadi orang shalih namun tidak bisa menjaga bagian anggota tubuh dari melakukan perbuatan yang dicegah / di larang . Lalu dimanakah letak keshalihan itu ?
  • merasa sebagai pemimpin dan berlagak bisa memimpin orang lain namun tidak bisa memimpin dirinya sendiri untuk menjalankan kewajiban sebagai hamba dan pemimpin dalam keluarga . Ingatlah pemimpin yang besar adalah pemimpin yang bisa memimpin diri sendiri untuk adil dan jujur pada dirinya sendiri sesuai ajaran agama .
  • tercipta sebagai manusia , sudah adilkah pada diri sendiri ? bukankah sering memanjakan dan selalu berusaha memenuhi kebutuhan tubuh daripada kebutuhan jiwa ?
  • merasa kaya dengan harta dan ilmu , telah adilkah diri kepada orang fakir miskin dengan memberikan hak mereka atas harta dan ilmu yang kita miliki ? Bukankah mereka kelak akan mengadu kepada Tuhan karena orang kaya tidak memperdulikan dan menganggap mereka sebagai sampah masyarakat ?
  • merasa sombong karena berada di atas angin / kedudukan lebih tinggi dari kebanyakan orang lain , telah lupakah berasal dari mana diri tercipta ? 
  • merasa sombong , keras hati dan keras kepala . Tanyalah diri sendiri , dengan siapakah berteman ? eksklusivitaskah anda sehingga hanya berteman dengan orang yang berkedudukan sama dan tidak sukakah bila berteman dengan orang fakir miskin ?
  • merasa akan hidup abadi karena bergelimang harta dan banyak keturunan , tidakkah melihat perjalanan hidup orang lain / tidakkah membaca makhluk hidup yang ada di sekitar anda ? Sungguh isi dunia tercipta untuk manusia agar di baca , di pelajari dan di ambil manfaatnya .
  • merasa pandai , untuk apakah kepandaian bila hanya memperdaya dan menindas orang lemah ? apakah dengan memperdaya dan menindas akan menjadi orang terhormat di mata manusia ?
  • merasa lemah , sudah menyerahkah pada keadaan diri ? telah habiskah daya upaya untuk menjadi kuat dan di hargai orang lain ?
  • merasa tampan dan cantik dengan bentuk tubuh yang ideal di mata orang lain , apakah semua itu tidak akan sirna dari diri ? banggakah dengan semua itu yang pada akhirnya akan hancur menjadi tanah ?
  • merasa telah menyiapkan bekal ke negeri keabadian , bekal manakah yang telah dipersiapkan dosa atau pahala atau keduanya ?
  • merasa hidup kekurangan dan hina , tidak maukah mempelajari dan berbuat menurut ajaran agama ? bila telah melakukannya maka pasti akan keluar dari kemiskinan dan kehinaan .
Tidak ada seorang pun manusia yang sempurna dan bersih dari dosa namun sebagai saudara sesama muslim wajiblah saling mengingatkan , mengajak kepada kebaikan dan mencegah dari berbuat kejahatan . Kejahatan yang dilakukan pada diri sendiri maupun pada orang lain . Kewajiban muslim hanya memberi nasihat dan terserah kepada Allah , orang yang dinasihati mau mengikuti petunjuk atau tidak , bila mengikuti petunjuk maka termasuk orang yang selamat dan bila sebaliknya termasuk orang yang celaka . Manusia telah diberi akal supaya dapat berfikir dan memilih sendiri apa yang terbaik bagi dirinya sendiri .

Posted by: Nama Blog magicmarketid, Updated at: 10.45.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar