Marilah berbagi ilmu karena bernilai sedekah . Sedikit ilmu namun diamalkan , itu lebih baik daripada banyak ilmu namun tidak diamalkan . Marilah kita memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan ilmu dan hargailah hasil karya orang lain . Teruslah berkarya walau di nilai kurang menarik karena mungkin bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya . Janganlah mencela hasil karya orang lain karena boleh jadi yang mencela tidak lebih baik dari yang di cela . Berupayalah mengamalkan ilmu karena ilmu yang tidak diamalkan adalah sia - sia dan tidak bermanfaat . Dari Al Fakir untuk seluruh insan . Sholawat dan Salam selalu terlimpahkan dengan istiqomah kepada Nabi Muhammad Saw. , Semoga bermanfaat baik di kehidupan dunia maupun akhirat !

Senin, 09 April 2012

Banyak Teman



Bila anda ingin mempunyai banyak teman / pengikut / ingin mempunyai banyak anggota , ikuti langkah - langkah sesuai dengan ajaran Islam berikut :
  • Bersikap lemah lembut 
Dengan sifat ini maka anda akan disukai orang - orang yang telah mengenal dan belum mengenal anda seperti firman Allah tentang gambaran sifat Nabi Muhammad bahwa andaikata Nabi Muhammad berperangai / mempunyai sifat kasar maka sudah pasti ummatnya akan lari menjauh .
  • Contoh / Teladan yang baik
Perbuatan baik yang telah dilakukan akan menjadi contoh / akan diikuti oleh orang lain sebagaimana semua perbuatan Nabi Muhammad menjadi contoh  bagi ummatnya sehingga tidak perlu memaksa untuk melakukan sesuatu . Jika anda melakukan suatu perbuatan baik maka berpahala dan orang yang mencontoh perbuatan baik yang anda lakukan maka anda dan orang tersebut mendapat pahala sehingga pahala anda berlipat - lipat .
  • Mengenal orang lain
Dalam Al - Qur'an , Allah menciptakan dan menjadikan manusia bersuku bangsa supaya hidup saling mengenal . Ada pepatah mengatakan : bila tak kenal maka tak sayang .
  • Menghargai dan Menghormati
Dalam ajaran Islam , adab / tata krama antara orang yang usianya lebih tua dan lebih muda yakni  orang yang lebih tua mengasihi dan menyayangi yang lebih muda sedangkan orang yang lebih muda menghormati dan menghargai yang lebih tua , apabila melanggar kehormatan orang lain berarti telah berbuat kedhaliman .
  • Jangan meninggikan diri di depan orang lain
Apabila berinteraksi dengan orang lain sebaiknya jangan tinggi kata / sombong karena pasti orang lain akan menjauhi . Gunakanlah kata - kata yang sopan dan enak didengar . Posisikan diri anda sebagai orang yang rendah hati dengan tutur kata yang lembut .
  • Saling Membantu
Dalam Islam , orang yang dapat menghilangkan kesusahan orang lain sesama muslim maka kelak pada hari kiamat Allah akan menghilangkan kesusahannya . Membantu tentu harus sesuai dengan kadar kemampuan dan tidak berlebihan . Memberi bantuan kepada siapapun akan berakibat saling mengenal , saling berkasih sayang dan saling membantu . Harus diingat , membantu dalam hal berbuat baik dan tidak boleh membantu perbuatan buruk dan dosa . Dalam Al - Qur'an sudah disebutkan bahwa : " Dan tolong - menolonglah  dalam perbuatan baik dan takwa dan jangan tolong - menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan " .
  • Menebar Salam
Saling bertegur sapa dengan ucapan salam baik kepada orang yang dikenal maupun tidak , dapat memberi manfaat untuk saling mengenal , saling berkasih sayang , saling membantu , menghapus kesombongan , mendatangkan rasa sungkan , mendatangkan sifat kesopanan .
  • Saling Silaturrahim
Jadilah orang yang saling mengunjungi saudara sesama muslim , tetangga , teman baik muslim maupun non muslim karena memberi manfaat yakni dapat menambah umur dan mendatangkan rizki . Rizki bentuknya macam - macam , ada yang berbentuk kesehatan - harta - keturunan .

Peringatan : Mempunyai banyak teman dapat membangkitkan kesombongan





Posted by: Nama Blog magicmarketid, Updated at: 15.14.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar