Berbagilah ilmu karena menjadi sedekah bagimu . Di antara kita , ada yang telah mengetahui ilmu / pengetahuan yang kita bagi dan ada pula yang belum mengetahui . Marilah kita memanfaatkan media penyebar ilmu dan menghargai hasil karya orang lain . Teruslah berkarya walau di nilai kurang menarik karena mungkin karya tersebut bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya . Janganlah mencela hasil karya orang lain karena boleh jadi yang mencela tidak lebih baik dari yang di cela . Berupayalah mengamalkan ilmu karena ilmu yang tidak diamalkan adalah sia - sia dan tidak bermanfaat . Dari Al Fakir untuk seluruh insan . Sholawat dan Salam selalu terlimpahkan dengan istiqomah kepada Nabi Muhammad Saw. , Semoga bermanfaat baik dalam kehidupan dunia maupun akhirat !

Jumat, 13 April 2012

Musibah / Ujian



Musibah yang dialami manusia merupakan bagian dari kehidupan namun perlu diingat musibah / cobaan hidup pasti berkaitan erat dengan perbuatan yang telah dilakukan secara sadar atau tidak sadar , perbuatan yang dilakukan berdasarkan ilmu atau tidak berdasarkan ilmu . Musibah / ujian hidup dilihat dari per orang dapat dibagi menjadi 2 :
  • Ujian yang diberikan Allah kepada orang yang taat beragama . Mereka taat menjalankan perintah agama namun bukan berarti bersih dari perbuatan dosa karena tidak ada satu orang pun dimuka bumi ini yang tidak berdosa kecuali Nabi Muhammad Saw. kekasih Allah . Mengapa mereka mendapat ujian sedangkan mereka taat menjalankan perintah agama ? jawabnya : Sebagai bentuk kasih sayang Allah maka mereka diuji apakah mereka sabar atau tidak dalam menjalani ujian tersebut , bila sabar maka Allah akan menaikkan derajatnya disisi - NYA namun bila tidak sabar maka dia akan tetap pada kedudukannya . Perumpamaannya adalah siswa yang lulus dalam ujian kelas maka akan naik ketingkat berikutnya namun bila gagal dalam ujian maka akan tetap dikelasnya .
  • Musibah / ujian yang diberikan Allah kepada orang yang tidak taat / lalai / lupa kewajibannya . Mereka dibagi lagi dalam 2 kelompok yakni : 1. Kelompok orang yang telah melupakan Allah maka Allah pun juga melupakan mereka maka jika Allah masih sayang kepada mereka maka Allah akan menimpakan kepada mereka musibah sebagai peringatan agar kembali ingat kepada Allah dan menjalankan ajarannya namun sebaliknya bila Allah sudah tidak sayang kepada mereka maka Allah tidak memperdulikan mereka sehingga dosa mereka semakin bertumpuk dan kelak hukuman / siksa dari Allah akan berlipat - lipat , 2. Kelompok orang yang ingat kepada Allah namun lalai dalam menjalankan kewajiban / menganggap remeh perintah Allah seperti : lalai dari mengerjakan shalat / mempermainkan ajaran agama , jika Allah masih sayang kepada mereka maka akan diberikan musibah / ujian agar kembali ingat kepada Allah .
Musibah / ujian dilihat dari kesalahan semua manusia dalam satu tempat misal dalam satu kota / desa / kabupaten , Musibah / ujian ini terjadi sebagai akibat dari pembiaran suatu perbuatan yang salah dalam pandangan Allah namun tidak ada satu orangpun yang memberi nasihat kepada mereka yang telah berbuat salah sehingga hukuman dari Allah akan menimpa semua orang yang tinggal dalam daerah tersebut .

Posted by: Nama Blog magicmarketid, Updated at: 17.33.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar