Berbagilah ilmu karena menjadi sedekah bagimu . Di antara kita , ada yang telah mengetahui ilmu / pengetahuan yang kita bagi dan ada pula yang belum mengetahui . Marilah kita memanfaatkan media penyebar ilmu dan menghargai hasil karya orang lain . Teruslah berkarya walau di nilai kurang menarik karena mungkin karya tersebut bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya . Janganlah mencela hasil karya orang lain karena boleh jadi yang mencela tidak lebih baik dari yang di cela . Berupayalah mengamalkan ilmu karena ilmu yang tidak diamalkan adalah sia - sia dan tidak bermanfaat . Dari Al Fakir untuk seluruh insan . Sholawat dan Salam selalu terlimpahkan dengan istiqomah kepada Nabi Muhammad Saw. , Semoga bermanfaat baik dalam kehidupan dunia maupun akhirat !

Selasa, 17 April 2012

Konsep Islam



Konsep Islam dalam kehidupan manusia terdiri dari :
  • Konsep Islam tentang kehidupan dunia yang berisi manusia sebagai khalifatullah yang bertugas mengelola dan memakmurkan bumi , manusia sebagai pemegang dan pelaksana amanah / tugas yang menjadi tanggungjawabnya karena kesediaan manusia untuk memikulnya . Apakah amanah yang dipikul manusia ? amanah tersebut adalah menerima , mempelajari dan mengamalkan Al - Qur'an . Kehidupan dunia sifatnya sementara maksudnya segala isi dunia berawal dari tiada kemudian dibuat dan akhirnya menjadi tiada , contoh : alat teknologi apapun namanya berawal dari tiada kemudian dirancang untuk memenuhi kebutuhan manusia sehingga menjadi ada karena kebutuhan manusia semakin meningkat dan alat sebelumnya sudah tidak lagi dapat memenuhi kebutuhan maka diciptakanlah alat yang baru sehingga alat lama tidak terpakai , rusak dan berakhir tiada lagi .
  • Konsep Islam tentang kehidupan akhirat yang berisi tentang kehidupan yang bersifat kekal abadi di neraka / syurga . Konsep tentang bagaimana cara mendapatkan kehidupan bahagia dikehidupan akhirat .
  • Konsep Islam tentang hubungan manusia dengan Allah yang berisi tata cara bentuk peribadatan yang baik dan benar sebagaimana telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat .
  • Konsep Islam tentang hubungan manusia dengan manusia yang berisi tentang bagaimana menjalin hubungan baik dengan orang lain serta memperhatikan hak , kewajiban dan kehormatannya .
  • Konsep Islam tentang hubungan manusia dengan hewan berisi tentang bagaimana memperlakukan hewan dengan baik , memperhatikan dan menjaga kelestarian lingkungan / habitat mereka sehingga tidak sampai punah . 
  • Konsep Islam tentang hubungan manusia dengan jin dan malaikat
  • Konsep Islam tentang hubungan manusia dengan alam berisi tentang bagaimana mengelola dan mengambil manfaat dari alam tanpa harus merusak .
Didalam Al - Qur'an telah disebutkan bahwa : " Telah tampak kerusakan di darat , laut dan udara disebabkan karena tangan manusia dan Allah tidak menyukai orang - orang yang berbuat kerusakan ". 
  • Contoh kerusakan di darat : banyaknya penebangan hutan secara berlebihan sebagai tanda bahwa manusia sangat rakus yang berakibat terjadinya kekeringan karena air langsung mengalir ke laut dan bila ada pepohonan maka air akan ditampung olehnya . Meningkatnya produksi kendaraan yang berakibat  naiknya suhu permukaan bumi sebagai akibat dari polusi gas .
  • Contoh kerusakan di laut : rusaknya habitat / tempat tinggal ikan sehingga jumlah ikan semakin berkurang .
  • Contoh kerusakan di udara : rusaknya lapisan ozon yang menolak sinar berbahaya dari matahari .

Posted by: Nama Blog magicmarketid, Updated at: 14.03.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar