Marilah berbagi ilmu karena bernilai sedekah . Sedikit ilmu namun diamalkan , itu lebih baik daripada banyak ilmu namun tidak diamalkan . Marilah kita memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan ilmu dan hargailah hasil karya orang lain . Teruslah berkarya walau di nilai kurang menarik karena mungkin bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya . Janganlah mencela hasil karya orang lain karena boleh jadi yang mencela tidak lebih baik dari yang di cela . Berupayalah mengamalkan ilmu karena ilmu yang tidak diamalkan adalah sia - sia dan tidak bermanfaat . Dari Al Fakir untuk seluruh insan . Sholawat dan Salam selalu terlimpahkan dengan istiqomah kepada Nabi Muhammad Saw. , Semoga bermanfaat baik di kehidupan dunia maupun akhirat !

Sabtu, 07 Juli 2012

Nishfu Sya'ban



  • Diriwayatkan oleh Ali ra. bahwa Rasulullah Saw. bersabda : “ Jika tiba pertengahan bulan sya’ban maka bagunlah kamu pada malam harinya melaksanakan sholat dan pada siang harinya berpuasa  karena pada saat itu Allah turun ke langit dunia / langit bumi di waktu matahari terbenam dan berfirman : “ Adakah yang meminta - minta akan Ku beri permintaannya , adakah yang beristighfar / meminta ampun akan Ku ampunilah ia dan adakah yang mengharapkan rizki akan Ku berikannya ”. Demikianlah sampai fajar menyingsing ” .
  • Diriwayatkan oleh Nasher bin Said bahwa Rasulullah Saw. bersabda : “ Ketika tiba malam ketiga belas bulan sya’ban , Jibril datang padaku seraya berseru : “ Hai Muhammad ! tibalah saat tahajjud untuk menyampaikan permohonan - permohonanmu bagi ummatmu ” , kemudian datang lagi di waktu fajar dan berkata : “ Hai Muhammad ! sesungguhnya Allah swt. telah menyerahkan kepadamu sepertiga dari ummatmu ” . Lalu menangislah Rasulullah dan bertanya : Bagaimana nasib kedua pertiganya yang lain ? Jibril menjawab : aku tidak tahu . Pada malam kedua ( keempat belas bulan sya’ban ) , Jibril datang lagi dan menyuruh Nabi bertahajjud kemudian di waktu fajar , Jibril datang memberitahu bahwa Allah telah memberi padamu dua pertiga dari ummatmu . Kemudian Nabi menangis dan bertanya : Bagaimana nasib yang sepertiga dari ummatku ? Jibril menjawab : aku tidak tahu . Kemudian Jibril datang lagi pada malam bara-ah ( kelima belas dari bulan sya’ban ) dan menyampaikan berita gembira kepada Nabi Muhammad bahwa Allah telah menyerahkan semua ummatnya kepadanya kecuali mereka yang berbuat syirik . Jibril berkata kepada Nabi Muhammad  : “ Angkatlah kepalamu dan lihatlah ke atas ” . Rasulullah melihat bahwa pintu - pintu langit terbuka dan para malaikat dari mulai langit bumi sampai ke Arsy bersujud beristighfar memintakan ampun bagi ummat Nabi Muhammad Saw. sedang pada tiap pintu langit berada seorang malaikat . Di langit pertama , malaikat berkata : “ Bahagialah bagi yang ruku’ pada malam ini ” . Pada pintu kedua , malaikat berkata : “ Bahagialah mereka yang sujud pada malam ini ” . Malaikat penjaga pintu ketiga berkata : “ Bahagialah mereka yang berdzikir pada malam ini ” . Malaikat pada pintu keempat berkata : “ Bahagialah yang berdoa pada malam ini ” . Malaikat pada pintu kelima berkata : “ Bahagialah barangsiapa menangis pada malam ini karena takut kepada Allah ” . Malaikat pada pintu keenam berkata : “ Bahagialah orang yang beramal kebajikan pada malam ini ” . Malaikat dai pintu ketujuh berkata : “ Bahagialah orang yang membaca Al - Qur’an malam ini ” . Kemudian terdengarlah panggilan : Adakah orang yang meminta untuk dikabulkan permintaannya ? Adakah orang yang berdoa untuk diterima doanya ? Adakah orang yang bertaubat untuk diterima taubatnya ? dan Adakah orang yang beristighfar untuk diampuni dosa - dosanya ? ” .
  • Rasulullah Saw. bersabda : “ Pintu - pintu rahmat terbuka bagi ummatku dari permulaan malam hingga fajar menyingsing . Sesungguhnya Allah swt. dalam malam ini membebaskan dari neraka sebanyak bilangan rambut domba milik bani kalb ” .
  • Doa pada malam kelima belas bulan sya’ban / malam bara-ah :
اللهم إن كنت كتبت اسمى شقيا فى ديوان الاشقياء فامحه و اكتبنى فى ديوان السعداء و إن كنت كتبت اسمى سعيدا فى ديوان السعداء فأثبته فإنك قلت فى كتابك الكريم : يمحو الله ما يشاء و يثبت و عنده ام الكتاب          
Allaahumma in kunta katabta ismii syaqiyyan fii diiwaanil asyqiyaa-I famhuhu waktubnii fii diiwaanis su’adaa-I wa in kunta katabta ismii sa’iidan fii diiwaanis su’adaa-I fa atsbithu fa innaka qulta fi kitaabikal kariim : “ Yamhullaahu maa yasyaa-u wa yutsbitu wa ‘indahu ummul kitaabi ”
Artinya :
Ya Allah ! Jika Engkau telah mencatat namaku di dalam lembaran orang - orang yang durhaka dan malang maka hapuslah dan catatlah namaku dalam lembaran orang - orang yang bahagia dan beruntung . Dan jika Engkau telah mencatat namaku dalam lembaran orang - orang yang bahagia dan beruntung maka tetapkanlah sebagaimana firman - Mu di dalam kitab suci - Mu : “ Allah menghapuskan dan menetapkan apa yang Ia kehendaki dan pada sisi - NYA ada ummul kitab ” .

Posted by: Nama Blog magicmarketid, Updated at: 15.39.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar