Berbagilah ilmu karena menjadi sedekah bagimu . Di antara kita , ada yang telah mengetahui ilmu / pengetahuan yang kita bagi dan ada pula yang belum mengetahui . Marilah kita memanfaatkan media penyebar ilmu dan menghargai hasil karya orang lain . Teruslah berkarya walau di nilai kurang menarik karena mungkin karya tersebut bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya . Janganlah mencela hasil karya orang lain karena boleh jadi yang mencela tidak lebih baik dari yang di cela . Berupayalah mengamalkan ilmu karena ilmu yang tidak diamalkan adalah sia - sia dan tidak bermanfaat . Dari Al Fakir untuk seluruh insan . Sholawat dan Salam selalu terlimpahkan dengan istiqomah kepada Nabi Muhammad Saw. , Semoga bermanfaat baik dalam kehidupan dunia maupun akhirat !

Selasa, 31 Juli 2012

Musuh Manusia



Diriwayatkan bahwa Rasulullah Saw. bersabda : “ Pada malam pertama bulan Ramadhan , para syaitan dan jin pembangkang di ikat dan di borgol ................................ ” . Berdasarkan hadis tersebut maka pada bulan Ramadhan , manusia tidak mempunyai musuh karena syaitan telah di ikat dan di borgol namun sebenarnya manusia masih memiliki 2 musuh yakni musuh yang datang dari luar dan dari dalam diri manusia .
  • Musuh dari luar
Musuh dari luar diri manusia adalah teman syaitan yakni manusia yang mengajak temannya untuk berbuat jahat dan dosa . Syaitan di bagi 2 yakni : syaitan dari jenis jin dan dari jenis manusia sebagaimana firman Allah dalam surah An Naas : 1 - 6 yang berbunyi : “ Katakanlah : Aku berlindung kepada Tuhan ( yang memelihara dan menguasai ) manusia ( 1 ) , Raja manusia ( 2 ) , Sembahan / Tuhan manusia ( 3 ) , dari kejahatan ( bisikan ) syaitan yang biasa bersembunyi ( 4 ) , yang membisikkan ( kejahatan ) ke dalam dada manusia ( 5 ) , dari ( golongan ) jin dan manusia ( 6 ) , surah Al An’am : 112 - 113 yang berbunyi : “ Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap - tiap Nabi itu musuh yaitu syaitan - syaitan ( dari jenis ) manusia dan ( dari jenis ) jin , sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan - perkataan yang indah - indah untuk menipu ( manusia ) . Jikalau Tuhanmu menghendaki , niscaya mereka tidak mengerjakannya maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada - adakan ( 112 ) , Dan ( juga ) agar hati kecil orang - orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat cenderung kepada bisikan itu , mereka merasa senang kepadanya dan supaya mereka mengerjakan apa yang mereka ( syaitan ) kerjakan ” . Syaitan selalu mengajak manusia untuk berbuat kejahatan dan dosa sebagaimana firman Allah dalam surah Al Baqarah : 169 yang berbunyi : “ Sesungguhnya syaitan itu hanya menyuruh kamu berbuat jahat dan keji dan mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui ” .
  • Musuh dari dalam diri manusia
Musuh dari dalam diri manusia adalah hawa nafsu yang selalu mengajak berbuat dosa . Oleh sebab itu , bulan Ramadhan di sebut juga bulan jihad karena manusia berjuang dan berusaha untuk melawan dan mengendalikan hawa nafsunya dari makan dan minum dengan berlebihan / di luar porsi makan , berjuang untuk banyak beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah , berusaha mengendalikan nafsu dari melihat aurat lawan jenis - membicarakan dan atau mendengarkan ghibah / gosip / membicarakan kejelekan orang lain .

Posted by: Nama Blog magicmarketid, Updated at: 16.15.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar