Marilah berbagi ilmu karena bernilai sedekah . Sedikit ilmu namun diamalkan , itu lebih baik daripada banyak ilmu namun tidak diamalkan . Marilah kita memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan ilmu dan hargailah hasil karya orang lain . Teruslah berkarya walau di nilai kurang menarik karena mungkin bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya . Janganlah mencela hasil karya orang lain karena boleh jadi yang mencela tidak lebih baik dari yang di cela . Berupayalah mengamalkan ilmu karena ilmu yang tidak diamalkan adalah sia - sia dan tidak bermanfaat . Dari Al Fakir untuk seluruh insan . Sholawat dan Salam selalu terlimpahkan dengan istiqomah kepada Nabi Muhammad Saw. , Semoga bermanfaat baik di kehidupan dunia maupun akhirat !

Sabtu, 07 Juli 2012

Orang Kikir



Berikut disebutkan beberapa keterangan tentang hukuman bagi orang yang bakhil / kikir dan tidak mau berzakat :
  • Firman Allah dalam surah Ali Imran : 180 yang berbunyi : “ Sekali - kali janganlah orang - orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia - Nya menyangka bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka . Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka . Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak dilehernya di hari kiamat . Dan kepunyaan Allah - lah segala warisan ( yang ada ) di langit dan di bumi . Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan ”.
  • Firman Allah dalam surah Fushshilat : 6 - 7 yang berbunyi : “ .......................................Dan kecelakaan yang besarlah bagi orang - orang yang mempersekutukan ( Nya ) ( 6 ) , ( Yaitu ) orang - orang yang tidak menunaikan zakat dan mereka kafir akan adanya ( kehidupan ) akhirat ( 7 ) ” .
  • Firman Allah dalam surah AT Taubah : 34 - 35 yang berbunyi : “ ...............................Dan orang - orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah maka beritahukanlah kepada mereka ( bahwa mereka akan mendapat ) siksa yang pedih ( 34 ) , Pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka jahannam lalu di bakar dengannya dahi mereka , lambung dan punggung mereka ( lalu dikatakan ) kepada mereka : “ Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri maka rasakanlah sekarang ( akibat dari ) apa yang kamu simpan itu ( 35 ) ” .
  • Abu Hurairah ra. berkata : Rasulullah Saw. bersabda : Tiada seorang yang emmpunyai emas atau perak yang tidak dikeluarkan zakatnya melainkan pada hari kiamat akan di bentuk berupa lempengan / lembaran dan di bakar dalam api neraka kemudian disetrikakan ke pinggang , dahi dan punggungnya , tiap sudah dingin di ulangi siksa itu yang demikian itu dalam masa sehari yang sama dengan 50.000 tahun ( sehari di akhirat = 50.000 tahun di dunia ) hingga selesai putusan semua hamba baru ditunjukkan jalannya ke surga atau neraka .......................................( ringkasan hadis yang panjang ) ” .
  • Abu Hurairah ra. berkata : Nabi Saw. bersabda : “ Siapa yang di beri kekayaan harta oleh Allah kemudian tidak mengeluarkan zakatnya maka pada hari kiamat , harta tersebut akan di bentuk baginya berupa ular yang botak kepalanya , memiliki dua kumis lalu dikalungkan dilehernya dan menggigit pipi kanan dan kirisambil berkata : Aku hartamu , aku timbunanmu ” .
  • Anas ra. berkata : Rasulullah Saw. bersabda : “ Bersedekahlah kamu karena sedekah itu sebagai penebusmu dari api neraka ” .
  • Abu Hurairah ra. berkata : Nabi Saw. bersabda : “ Sedekah itu dapat menolak su-ul khatimah ( mati dalam keadaan tidak baik ) ” .
  • Uqbah bin Aamir ra. berkata : Nabi Saw. bersabda : “ Sedekah itu dapat menghindarkan seseorang dari panas kubur dan pada hari kiamat akan bernaung di bawah naungan sedekahnya ” .
  • Ibn Umar ra. berkata :” Siapa yang memberi makan pada saudaranya roti hingga kenyang lalu memberinya minum hingga puas maka Allah akan menjauhkannya dari api neraka sejauh 7 parit , tiap parit sama dengan 700 tahun . Dan di lain riwayat : Antara tiap dua parit sejauh perjalanan 500 tahun ” .
Bersedekah sesuai dengan kemampuan , tidak harus sesuatu yang bernilai besar namun sedekah yang pahalanya bernilai besar adalah sedekah barang yang di dapat dengan susah payah dan sangat berharga bagi pemiliknya seabagaimana keterangan dari Abu Dzarr ra. , ia berkata : Ya Rasulullah , sedekah itu sebenarnya apa ? Rasulullah menjawab : yang berlipat ganda ! Abu Dzarr bertanya lagi : Maka sedekah apa yang utama ? Rasulullah menjawab : sedekah yang uangnya susah di peroleh atau sedekah yang diberikan kepada orang fakir secara diam - diam ” .

Posted by: Nama Blog magicmarketid, Updated at: 15.49.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar