Berbagilah ilmu karena menjadi sedekah bagimu . Di antara kita , ada yang telah mengetahui ilmu / pengetahuan yang kita bagi dan ada pula yang belum mengetahui . Marilah kita memanfaatkan media penyebar ilmu dan menghargai hasil karya orang lain . Teruslah berkarya walau di nilai kurang menarik karena mungkin karya tersebut bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya . Janganlah mencela hasil karya orang lain karena boleh jadi yang mencela tidak lebih baik dari yang di cela . Berupayalah mengamalkan ilmu karena ilmu yang tidak diamalkan adalah sia - sia dan tidak bermanfaat . Dari Al Fakir untuk seluruh insan . Sholawat dan Salam selalu terlimpahkan dengan istiqomah kepada Nabi Muhammad Saw. , Semoga bermanfaat baik dalam kehidupan dunia maupun akhirat !

Senin, 23 Juli 2012

Para Nabi as.



Kata “ bin ” artinya anak / putra
Kata “ nasab ” artinya silsilah / hubungan keluarga
Kata “ Abul Basyar ” artinya bapak manusia
  • Nabi Idris as bin Yarud bin Mahlail nasabnya bertemu dengan Nabi Syits as bin Adam as. . Nabi Idris di angkat oleh Allah menjadi Nabi ketika berusia 82 tahun .
  • Nabi Nuh as bin Lamik bin Matuusyalkhi bin Ukhnukh . Ukhnukh adalah nama Nabi Idris . Jarak Nabi Nuh dengan Nabi Adam as kurang lebih 1000 tahun , menurut kitab Taurat berjarak antara 1057 tahun dan menurut riwayat imam Bukhari berjarak 1000 tahun . Nabi Nuh berdakwah selama 950 tahun . Menurut ahli tafsir : orang yang beriman kepada Nabi Nuh sekitar 10 - 40 orang sedang menurut Ibn Abbas ra. : sebanyak 80 orang termasuk wanita .
Nabi Nuh as. mempunyai 4 anak yakni :
1 . Sam , 2 . Ham , 3 . Yafis , 4 . Kan’an ( kafir ) .
Kapal Nabi Nuh berlabuh di atas bukit “ Al Judi ” , gunung yang ada di dekat sungai Tigris di Baghdad , Banjir besar terjadi pada tanggal 10 muharram dan lamanya berada di atas kapal selama 150 hari .
Nabi Nuh di beri julukan oleh sebagian orang sebagai “ Abul Basyar ” yang ke - 2 . Putra Nabi Nuh yang bernama : Sam ( dialah Abul ‘Arab ) , Ham ( dialah Abul Habsy ) , Yafits ( dialah Abul Ruum ) . Menurut Ibn Abbas , Nabi Nuh berusia 1780 tahun .
  • Nabi Hud
Kaum Nabi Hud di sebut kaum ‘Ad . Kaum ‘Ad adalah suku dari garis keturunan Sam bin Nuh as. . Kata ‘Ad dinisbatkan / disebangsakan dari salah satu nama neneknya yakni ‘Ad bin ‘Audi bin Iram bin Sam bin Nuh as.
  • Nabi Shaleh as.
Nabi Shaleh di utus kepada kaum Tsamud . Tsamud adalah nama yang disebangsakan kepada nama kakeknya yakni Tsamud bin Amir bin Imran bin Sam bin Nuh as.
Tempat kediaman Tsamud di kota Al Hijr , oleh sebab itu Allah menamakan mereka “ Ashhabul Hijri ” . Kota Hijr terletak antara Hijaz dan Syam yang sampai sekarang di sebut “ Fajjun ‘Amiiq ” . Kaum Tsamud pandai memahat gunung dan bebatuan sebagai tempat tinggal . Mereka berhasil membangun gedung sebanyak 1700 dari bebatuan yang ada di wadil qura . Hingga sekarang bekas kota Tsamud tampak jelas dan dinamakan “ Madaa-inul Shaleh ” .
  • Nabi Ibrahim
Nabi Ibrahim lahir di Babil di bumi Kaldaniyyin irak . Ayahnya bernama Azar berusia 75 tahun . Nabi Ibrahim mempunyai 2 saudara kandung :
1 . Nakhur    2 . Haron
Kerajaan Babilonia dikuasai oleh seorang raja bernama “ Namrudz bin Kan’an ”
Istri Nabi Ibrahim bernama Sarah dan Hajar
Nabi Ibrahim dan Sarah mempunyai anak bernama Ishaq as.
Nabi Ibrahim dan Hajar mempunyai anak bernama Ismail as.

Posted by: Nama Blog magicmarketid, Updated at: 13.50.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar