Marilah berbagi ilmu karena bernilai sedekah . Sedikit ilmu namun diamalkan , itu lebih baik daripada banyak ilmu namun tidak diamalkan . Marilah kita memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan ilmu dan hargailah hasil karya orang lain . Teruslah berkarya walau di nilai kurang menarik karena mungkin bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya . Janganlah mencela hasil karya orang lain karena boleh jadi yang mencela tidak lebih baik dari yang di cela . Berupayalah mengamalkan ilmu karena ilmu yang tidak diamalkan adalah sia - sia dan tidak bermanfaat . Dari Al Fakir untuk seluruh insan . Sholawat dan Salam selalu terlimpahkan dengan istiqomah kepada Nabi Muhammad Saw. , Semoga bermanfaat baik di kehidupan dunia maupun akhirat !

Senin, 11 Juni 2012

Perbuatan Keji




Firman Allah dalam surah Al – Ankabut : 45 yang berbunyi : “ Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu yaitu al – kitab ( Al – Qur’an ) dan dirikanlah shalat . Sesungguhnya shalat itu mencegah dari ( perbuatan – perbuatan ) keji dan mungkar . Dan sesungguhnya mengingat Allah ( shalat ) adalah lebih besar ( keutamaannya dari ibadah – ibadah yang lain ) . Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan ”.
Banyak orang yang mengerjakan shalat namun shalatnya tidak bisa mencegahnya untuk melakukan perbuatan keji dan mungkar . Tentu anda bertanya , apa yang salah / kurang dari shalat sehingga tidak bisa mencegah dari perbuatan keji dan mungkar sedangkan Allah telah berfirman bahwa shalat dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar ?
Jawabannya bisa salah satu atau semua hal di bawah ini :
  • Ketika shalat tidak / kurang khusyu’ .
Khusyu’ berarti memperhatikan setiap perkataan / bacaan dan tidak memikirkan sesuatu yang lain kecuali yang sedang dibaca .
Untuk bisa shalat dengan khusyu’ memang agak sulit namun tetap harus berusaha agar shalat diterima oleh Allah .
Setiap bacaan yang dibaca dalam shalat hendaknya diperhatikan dengan seksama karena pada saat itu seorang hamba sedang berbicara dengan Allah . Setiap bacaan dalam shalat berisi janji , pujian , penghormatan dan permintaan kepada Allah . Bacaan dalam shalat diibaratkan sebagai makanan yang sedang dinikmati rasanya sehingga meninggalkan bekas dalam ingatan dan hati .
  • Orang yang shalat tidak mengerti tujuan shalat
Ada orang yang shalat hanya karena mengikuti kebiasaan dan ada juga karena mengerti bahwa shalat adalah perintah / kewajiban dari Allah dan Rasul – NYA . Mempelajari ajaran Islam begitu penting agar mengetahui kewajiban sebagai hamba , adanya perintah dan larangan dari Allah dan Rasul - NYA agar termasuk ke dalam golongan orang yang shalih dan beruntung , dan bukan orang yang merugi dan celaka .
Orang shalih / shalihah adalah orang yang bersegera melakukan perbuatan baik dan bermalas – malasan / enggan berbuat jelek serta berusaha menjauhinya .
  • Orang yang shalat tidak / belum tahu arti tiap bacaan dalam shalat
Orang yang mengetahui dan tidak mengetahui arti tiap bacaan dalam shalat tentu kualitas shalatnya dan pahalanya dalam pandangan Allah tidak sama karena hal itu membawa dampak terhadap kekhusyukan shalat . Namun bukan berarti shalatnya orang yang tidak tahu arti bacaan dalam shalat tidak diterima oleh Allah , selama orang yang shalat khusyu’ dalam shalatnya tentu diterima oleh Allah .
Firman Allah dalam surah Az – Zumar : 9 yang berbunyi : “……………..Katakanlah : Adakah sama orang yang mengetahui dengan orang yang tidak mengetahui ? Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran ”.



Posted by: Nama Blog magicmarketid, Updated at: 09.38.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar