Marilah berbagi ilmu karena bernilai sedekah . Sedikit ilmu namun diamalkan , itu lebih baik daripada banyak ilmu namun tidak diamalkan . Marilah kita memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan ilmu dan hargailah hasil karya orang lain . Teruslah berkarya walau di nilai kurang menarik karena mungkin bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya . Janganlah mencela hasil karya orang lain karena boleh jadi yang mencela tidak lebih baik dari yang di cela . Berupayalah mengamalkan ilmu karena ilmu yang tidak diamalkan adalah sia - sia dan tidak bermanfaat . Dari Al Fakir untuk seluruh insan . Sholawat dan Salam selalu terlimpahkan dengan istiqomah kepada Nabi Muhammad Saw. , Semoga bermanfaat baik di kehidupan dunia maupun akhirat !

Sabtu, 30 Juni 2012

Gosip




Firman Allah dalam surah Al - Hujurat : 12 yang berbunyi : Hai orang – orang yang beriman , jauhilah kebanyakan dari prasangka , sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari – cari kesalahan orang lain dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain . Sukakah salah seorang diantara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati ? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya . Dan bertakwalah kepada Allah . Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang ”.
Bagi orang yang telah membiasakan diri menggunjing / gosip / ghibah maka hentikanlah dengan segera dan tidak lagi berbuat hal itu karena hal itu hanya merugikan diri sendiri .
Ghibah adalah membicarakan orang lain sedang orang yang dibicarakan tidak senang apabila mendengarnya .
  • hadis dari Rasulullah Saw. : “ Tahukah kamu apakah ghibah itu ? Sahabat menjawab : Allah dan Rasul - NYA yang lebih mengetahui . Nabi Saw. bersabda : menceritakan hal saudaramu yang ia tidak suka diceritakan pada orang lain . Nabi Saw. ditanya : Bagaimana jika memang benar sedemikian keadaan saudaraku itu ? Nabi menjawab : jika benar keteranganmu itu maka itulah ghibah tetapi jika tidak benar keteranganmu itu maka itu bernama buhtan ( berkata dusta / fitnah ) yang lebih besar dosanya ”.
  • Diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah Saw. bersabda : “ Barangsiapa menggunjing sekali semasa hidupnya , Allah mengganjarnya dengan 10 macam ganjaran :
    1. jauh dari rahmat Allah
    2. malaikat memutuskan persahabatannya
    3. ruh di cabut dalam keadaan sukar dan payah
    4. dekat dengan neraka
    5. jauh dari surga
    6. mengalami siksa kubur yang berat
    7. amal kebajikannya sia - sia
    8. mengganggu ruh Nabi Muhammad Saw.
    9. mendapat murka Allah
    10. mengalami kerugian pada waktu hisab di hari kiamat ”.
  • Ibn Abbas ra. berkata : “ Ketika Nabi Saw. isra’ mi’raj  , Ia dapat melihat api neraka , tiba - tiba melihat orang - orang yang makan bangkai lalu Nabi Saw. bertanya pada Jibril : Siapakah mereka itu hai Jibril ? Jibril menjawab : Mereka adalah orang - orang yang makan daging orang - orang ( yakni suka ghibah ) ”.
  • Rasulullah Saw. bersabda : “ Bila salah seorang kamu menggunjing sesama muslim dan menyebutnya dengan kejelekan maka segeralah berlindung kepada Allah untuk menebus dosa ”. Berlindung kepada Allah dengan membaca : “ A’uudsubillaahi minasy syaithoonir rojiim ”.
  • Diriwayatkan bahwa Al - Hasan Al - Bashri pernah mengirim hadiah kepada seseorang yang ia mendengar telah menggunjingnya buah kurma sepenuh baki seraya menyampaikan pesan yang berbunyi : “ Aku telah mendengar bahwa engkau telah menghadiahkan kepadaku pahala amal - amal kebajikanmu maka sebagai imbalan terimalah hadiahku ini ”.
  • Abu Umamah Al - Bahili berkata : Di hari kiamat , seorang hamba Allah menerima buku catatan amalnya , setelah memeriksanya mendapat beberapa catatan amal kebajikan yang ia sendiri merasa tidak pernah melakukannya , lalu ia bertanya : “ Ya Tuhanku , dari manakah aku memperoleh ini ? Allah menjawab : Itu adalah amal orang yang telah menggunjingmu tanpa engkau ketahui ”.

Posted by: Nama Blog magicmarketid, Updated at: 19.15.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar