Marilah berbagi ilmu karena bernilai sedekah . Sedikit ilmu namun diamalkan , itu lebih baik daripada banyak ilmu namun tidak diamalkan . Marilah kita memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan ilmu dan hargailah hasil karya orang lain . Teruslah berkarya walau di nilai kurang menarik karena mungkin bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya . Janganlah mencela hasil karya orang lain karena boleh jadi yang mencela tidak lebih baik dari yang di cela . Berupayalah mengamalkan ilmu karena ilmu yang tidak diamalkan adalah sia - sia dan tidak bermanfaat . Dari Al Fakir untuk seluruh insan . Sholawat dan Salam selalu terlimpahkan dengan istiqomah kepada Nabi Muhammad Saw. , Semoga bermanfaat baik di kehidupan dunia maupun akhirat !

Rabu, 13 Juni 2012

Bacaan Tasbih



blogtasbih.blogspot.com
Beberapa macam bacaan tasbih :
سبحان الله ( Subhaanallaah )
سبحان الله و بحمده ( Subhaanallaah wa bihamdihi )
سبحان الله و بحمده سبحان الله العظيم ( Subhaanallaah wa bihamdihi Subhaanallaahil ‘adziim )
سبحان الله العظيم سبحان الله و بحمده ( Subhaanallaahil ‘adziim Subhaanallaah wa bihamdihi )
سبحان الله و الحمد لله و لا اله إلا الله و الله أكبر و لا حول و لا قوة إلا با لله العلى العظيم ( Subhaanallaah wal hamdulillaah wa laa ilaaha illallaah wallaahu akbar wa laa haula wa laa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘adziim )
سبحان الله و بحمده عدد خلقه و رضى نفسه و زنة عرشه و مداد كلماته ( Subhaanallaah wa bihamdihi ‘adada kholqihi wa ridhoo nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midaada kalimaatihi )
Dasar / dalil untuk membaca tasbih :
  • Firman Allah dalam surah Al – Ahzab : 41 - 42 yang berbunyi : “ Hai orang – orang yang beriman , berdzikirlah ( dengan menyebut nama Allah ) sebanyak – banyaknya ( 41 ) , dan bertasbihlah kepada – NYA di waktu pagi dan petang ( 42 ) ”.
  • Firman Allah dalam surah Qaaf : 39 - 40 yang berbunyi : “ Maka bersabarlah kamu terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlah sambil memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam( nya ) ( 39 ) , dan bertasbihlah kamu kepada - NYA di malam hari dan setiap selesai sholat ( 40 ) ”.
Jadi membaca tasbih ( Subhaanallaah ) dianjurkan untuk dibaca pada waktu pagi , malam dan setiap selesai sholat sedangkan bacaan tasbih ( Subhaanallaah wa bihamdihi ) dianjurkan untuk di baca pada waktu sebelum matahari terbit dan sebelum matahari terbenam .
1 .  Keutamaan membaca “ Subhaanallah ” :
Sa’ad bin Abi Waqqash ra. berkata : ketika kami duduk di sisi Nabi Saw. , tiba – tiba Nabi bersabda : “ Apakah lemah salah seorang kamu untuk menghasilkan keuntungan 1000 hasanat / kebaikan tiap hari ? maka seorang bertanya : Bagaimanakah mencapai keuntungan 1000 hasanat itu ? Nabi Saw. menjawab : Bacalah tasbih / Subhaanallah 100 x maka tercatat untuknya 1000 hasanat atau dihapuskan daripadanya 1000 dosa ”.
 2 .  Keutamaan membaca “ Subhaanallaah wa bihamdihi ” :
Abu Hurairah ra. berkata : Rasulullah Saw. bersabda : “ ...........................................................Dan siapa yang membaca Subhaanallah wa bihamdihi 100 x maka dosa – dosanya akan dihapuskan walau sebanyak buih laut ”.
3 .  Keutamaan membaca “ Subhaanallaah wa bihamdihi Subhaanallaahil ‘adziim ” :
Abu Hurairah ra. berkata : Rasulullah Saw. bersabda : “ Dua kalimat yang ringan di lidah tetapi berat dalam neraca timbangan / mizan , dua kalimat yang sangat disenangi Allah adalah Subhaanallah wa bihamdihi Subhaanallahil ‘Adziim ”.
4 .  Bacaan “ Subhaanallaahil ‘adziim Subhaanallaah wa bihamdihi ” dibaca 100 x setelah menunaikan sholat jum’at
5 .  Keutamaan membaca “ Subhaanallaah wal hamdulillaah wa laa ilaaha illallaah wallaahu akbar wa laa haula wa laa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘adziim ” :
Abu Hurairah ra. berkata : Rasulullah Saw. bersabda : “ Pada malam mi’raj , aku melihat lautan besar yang luasnya hanya diketahui oleh Allah . Pada tepi laut itu terdapat seorang malaikat berbentuk burung dengan 70.000 sayap . Jika seorang hamba Allah membaca “ Subhaanallah ” , malaikat berbentuk burung bergerak dari tempatnya dan jika diteruskan dengan membaca “ Alhamdulillaah ” maka terbukalah sayapnya kemudian jika diteruskan dengan membaca “ Laa ilaaha illallaah ” malaikat berbentuk burung tersebut terbang kemudian jika diteruskan dengan membaca “ Wallaahu Akbar ” malaikat berbentuk burung tersebut menceburkan dirinya ke dalam laut dan jika diteruskan dengan membaca “ Wa laa haula wa laa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘adziim ” malaikat berbentuk burung tersebut keluar dari dasar laut sambil mengibaskan sayapnya dan bertetesanlah dari tiap sayapnya 70.000 tetes air dan dari tiap tetes air Allah menciptakan seorang malaikat yang bertasbih , bertahlil dan memohon ampunan bagi pembaca “ Subhaanallaah wal hamdulillaah wa laa ilaaha illallaah wallaahu akbar wa laa haula wa laa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘adziim ” hingga hari kiamat ”.
Bacaan tasbih di atas dan keutamaannya dianjurkan untuk di baca pada bulan rajab .
6 .  Keutamaan membaca “ Subhaanallaah wa bihamdihi ‘adada kholqihi wa ridhoo nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midaada kalimaatihi ” :
Djuwairiyah binti Al - Haarits ra. ( istri Nabi Saw. ) berkata : “ Ketika Nabi Saw. keluar dari rumahnya untuk sholat shubuh sedang ia duduk ditempat sholatnya kemudian ketika Nabi Saw. kembali di waktu dhuha , ia pun belum bergerak dari tempat sholatnya itu . Nabi bertanya : sejak tadi , kamu demikian tidak bergerak dari tempatmu ? Djuwairiyah menjawab : ya . Maka Nabi Saw. bersabda : saya tadi telah membaca 4 kalimat yang diulang / dibaca 3 x , andaikan ditimbang dengan bacaanmu sejak pagi tadi niscaya memadailah ( seimbang ) yaitu : Subhaanallaah wa bihamdihi ‘adada kholqihi wa ridhoo nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midaada kalimaatihi ”.

 



Posted by: Nama Blog magicmarketid, Updated at: 21.27.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar