Marilah berbagi ilmu karena bernilai sedekah . Sedikit ilmu namun diamalkan , itu lebih baik daripada banyak ilmu namun tidak diamalkan . Marilah kita memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan ilmu dan hargailah hasil karya orang lain . Teruslah berkarya walau di nilai kurang menarik karena mungkin bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya . Janganlah mencela hasil karya orang lain karena boleh jadi yang mencela tidak lebih baik dari yang di cela . Berupayalah mengamalkan ilmu karena ilmu yang tidak diamalkan adalah sia - sia dan tidak bermanfaat . Dari Al Fakir untuk seluruh insan . Sholawat dan Salam selalu terlimpahkan dengan istiqomah kepada Nabi Muhammad Saw. , Semoga bermanfaat baik di kehidupan dunia maupun akhirat !

Rabu, 13 Juni 2012

Hukum Karma


Pernahkah mendengar kata hukum karma ? . Hukum karma adalah akibat yang diterima seseorang atas perbuatan yang telah dilakukannya kepada orang lain baik dalam hal perbuatan baik maupun jelek . Tahukah anda , dasar / dalil yang menjadi pijakan sehingga muncul istilah hukum karma ? . Berikut disebutkan beberapa dalilnya :
  • Firman Allah dalam surah Al - Jatsiyah : 15 yang berbunyi : “ Barangsiapa yang mengerjakan amal yang salih maka itu adalah untuk dirinya sendiri dan barangsiapa mengerjakan kejahatan maka itu akan menimpa dirinya sendiri kemudian kepada Tuhanmulah kamu dikembalikan ”.
  • Firman Allah dalam surah Asy - Syuura : 40 yang berbunyi : “ Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa .........................”.
  • Firman Allah dalam surah An - Najm : 38 - 40 yang berbunyi : “ Bahwasanya seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain ( 38 ) , dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya ( 39 ) , dan bahwasanya usahanya itu kelak akan diperlihatkan ( kepadanya ) ( 40 ) ”.
  • hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah Saw. bersabda : “ Siapa yang mengajak kejalan kebaikan maka mendapat pahala sebanyak pahala para pengikutnya dengan tidak mengurangi sedikitpun pahala para pengikut tersebut , dan siapa yang mengajak kejalan kejelekan / kesesatan maka akan menanggung dosa sebanyak dosa para pengikutnya dengan tidak mengurangi dosa – dosa para pengikutnya sedikitpun ”. ( Terjemah Riadhus Shalihin I , Salim Bahreisy , hal : 187 )
Mengapa ada orang yang tidak percaya kepada hukum karma ? karena orang yang mengajarkan hukum karma hanya menjelaskan berdasarkan logika / pemikiran dan tidak mengajarkan dasar / dalil adanya hukum karma dari Al - Qur’an dan Hadis sehingga muncul anggapan / pemikiran bahwa hukum karma hanyalah cerita / dongengan orang - orang terdahulu dan tidak benar adanya apalagi sekarang masa modern yang selalu berpijak kepada kecerdasan akal , ilmiah dan kecanggihan teknologi kemudian menganggap orang yang percaya hukum karma sebagai orang yang tidak modern , primitif , konservatif , tidak gaul , dsb. .

Posted by: Nama Blog magicmarketid, Updated at: 21.25.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar