Marilah berbagi ilmu karena bernilai sedekah . Sedikit ilmu namun diamalkan , itu lebih baik daripada banyak ilmu namun tidak diamalkan . Marilah kita memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan ilmu dan hargailah hasil karya orang lain . Teruslah berkarya walau di nilai kurang menarik karena mungkin bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya . Janganlah mencela hasil karya orang lain karena boleh jadi yang mencela tidak lebih baik dari yang di cela . Berupayalah mengamalkan ilmu karena ilmu yang tidak diamalkan adalah sia - sia dan tidak bermanfaat . Dari Al Fakir untuk seluruh insan . Sholawat dan Salam selalu terlimpahkan dengan istiqomah kepada Nabi Muhammad Saw. , Semoga bermanfaat baik di kehidupan dunia maupun akhirat !

Kamis, 18 April 2013

Liberalisme



بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Allah berfirman dalam surah Ali Imran : 110
كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ ۗ وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ ٱلْكِتَـٰبِ لَكَانَ خَيْرًۭا لَّهُم ۚ مِّنْهُمُ ٱلْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ ٱلْفَـٰسِقُونَ
Artinya :
“ Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik ” .
Berdasarkan firman Allah di atas maka tiap – tiap muslim / orang Islam mempunyai kewajiban untuk mengajak berbuat baik dan berusaha mencegah perbuatan jelek . Kewajiban amar ma’ruf nahi munkar hanyalah bersifat anjuran dan bukan paksaan . Jika orang yang di ajak mau mengikuti anjuran / nasihat maka orang tersebut telah mendapat hidayah / petunjuk sedangkan orang yang tidak mau mengikuti petunjuk berarti tidak mendapat petunjuk . Hidayah atau petunjuk tidak dapat dipaksakan kepada orang lain karena Allah yang berkewajiban memberi petunjuk sedangkan manusia sifatnya hanya menganjurkan .
Allah berfirman dalam surah Al Lail : 12
إِنَّ عَلَيْنَا لَلْهُدَىٰ
Artinya :
“ Sesungguhnya kewajiban Kamilah memberi petunjuk ” .
Allah berfirman dalam surah Al Qashash : 56
إِنَّكَ لَا تَهْدِى مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَـٰكِنَّ ٱللَّهَ يَهْدِى مَن يَشَآءُ ۚ وَهُوَ أَعْلَمُ بِٱلْمُهْتَدِينَ
Artinya :
“ Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk ” .
Apabila tidak ada seorangpun yang melaksanakan perintah Allah untuk amar ma’ruf nahi munkar maka azab / siksa dari Allah akan menimpa semua orang yang baik maupun jahat . Allah berfirman dalam surah Al Anfal : 25
وَٱتَّقُوا۟ فِتْنَةًۭ لَّا تُصِيبَنَّ ٱلَّذِينَ ظَلَمُوا۟ مِنكُمْ خَآصَّةًۭ ۖ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ شَدِيدُ ٱلْعِقَابِ
Artinya :
“ Dan peliharalah dirimu dari pada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya ” .
Apabila seseorang telah di beri nasihat / petunjuk kemudian tidak mau mengikutinya maka firman Allah berikut menunjukkan kebebasan bagi tiap – tiap manusia untuk berbuat sekehendaknya . Firman Allah berikut ini yang menjadi dasar paham liberalisme .
Allah berfirman dalam surah Al An’am : 135
قُلْ يَـٰقَوْمِ ٱعْمَلُوا۟ عَلَىٰ مَكَانَتِكُمْ إِنِّى عَامِلٌۭ ۖ فَسَوْفَ تَعْلَمُونَ مَن تَكُونُ لَهُۥ عَـٰقِبَةُ ٱلدَّارِ ۗ إِنَّهُۥ لَا يُفْلِحُ ٱلظَّـٰلِمُونَ
Artinya :
“ Katakanlah: "Hai kaumku, berbuatlah sepenuh kemampuanmu, sesungguhnya akupun berbuat (pula). Kelak kamu akan mengetahui, siapakah (di antara kita) yang akan memperoleh hasil yang baik di dunia ini. Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu tidak akan mendapatkan keberuntungan ” .

Posted by: Nama Blog magicmarketid, Updated at: 19.30.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar