Marilah berbagi ilmu karena bernilai sedekah . Sedikit ilmu namun diamalkan , itu lebih baik daripada banyak ilmu namun tidak diamalkan . Marilah kita memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan ilmu dan hargailah hasil karya orang lain . Teruslah berkarya walau di nilai kurang menarik karena mungkin bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya . Janganlah mencela hasil karya orang lain karena boleh jadi yang mencela tidak lebih baik dari yang di cela . Berupayalah mengamalkan ilmu karena ilmu yang tidak diamalkan adalah sia - sia dan tidak bermanfaat . Dari Al Fakir untuk seluruh insan . Sholawat dan Salam selalu terlimpahkan dengan istiqomah kepada Nabi Muhammad Saw. , Semoga bermanfaat baik di kehidupan dunia maupun akhirat !

Kamis, 20 Februari 2014

Hina



بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
Manusia tercipta dari tanah . Sifat tanah adalah rendah dan hina . Cobalah perhatikan , di tanah semua manusia dan hewan berpijak , di tanah semua kotoran dan bangkai berada . Ketika tanah yang terpilih di angkat derajatnya oleh Allah sehingga berbentuk manusia  kemudian manusia ada yang berbuat ketaatan dan ada pula yang menjatuhkan / menghinakan dirinya sehingga dirinya lebih rendah dari tanah . Manusia tercipta dengan mengemban 2 tugas / amanah dari Allah :
  • Sebagai pengelola bumi
  • Untuk beribadah kepada Allah
Oleh sebab itu manusia tidak seharusnya mengisi seluruh waktunya dengan hanya bekerja namun juga dengan beribadah . Manusia tidak bisa hanya bekerja mencari dunia namun lupa akhirat dan juga manusia tidak bisa hanya beribadah saja untuk akhirat tapi lupa pada kebutuhan dunianya . Kebutuhan dunia dan akhirat maka keduanya harus terpenuhi .
Sebagai pengelola bumi , Allah berfirman dalam surah :
  • Fathir : 39
Dialah yang menjadikan kamu khalifah – khalifah di muka bumi
  • Al Baqarah : 30
Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat : “ Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi ” .
Sebagai pengelola bumi , Allah memperhatikan , apakah manusia akan berbuat kerusakan atau kebaikan di muka bumi .

Untuk beribadah kepada Allah , Allah berfirman dalam surah Adz Dzariyat : 56
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
Artinya :
“ Aku tidak menciptakan jin dan manusia untuk suatu manfaat yang kembali kepada – Ku , tetapi mereka Aku ciptakan untuk beribadah kepada – Ku . Dan ibadah itu sangat bermanfaat untuk mereka sendiri ” .

Jika manusia berasal dari sesuatu yang hina dan rendah , apakah manusia mau kembali kepada kehinaan dan kerendahan setelah di beri kemuliaan dan derajat oleh Allah ?
Jika manusia lebih memilih untuk kembali kepada kehinaan dan kerendahan maka berbuatlah dosa sebanyak – banyaknya dan tidak perlu mengikuti aturan dari Allah atau buatlah aturan sendiri yang di anggap lebih benar daripada aturan dari Allah maka kelak akan kembali ke neraka namun jika manusia ingin tetap dalam kemuliaan atau menjadi lebih mulia maka berusahalah mematuhi dan menjalankan aturan dari Allah maka kelak akan kembali ke surga .
Dalam mematuhi aturan Allah , manusia memiliki kemampuan terbatas karena begitu banyaknya godaan baik dari dunia , nafsu maupun syaitan maka berusahalah mematuhi aturan Allah semampunya . Allah Maha Tahu dan Maha Pengampun

Posted by: Nama Blog magicmarketid, Updated at: 05.51.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar