Marilah berbagi ilmu karena bernilai sedekah . Sedikit ilmu namun diamalkan , itu lebih baik daripada banyak ilmu namun tidak diamalkan . Marilah kita memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan ilmu dan hargailah hasil karya orang lain . Teruslah berkarya walau di nilai kurang menarik karena mungkin bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya . Janganlah mencela hasil karya orang lain karena boleh jadi yang mencela tidak lebih baik dari yang di cela . Berupayalah mengamalkan ilmu karena ilmu yang tidak diamalkan adalah sia - sia dan tidak bermanfaat . Dari Al Fakir untuk seluruh insan . Sholawat dan Salam selalu terlimpahkan dengan istiqomah kepada Nabi Muhammad Saw. , Semoga bermanfaat baik di kehidupan dunia maupun akhirat !

Minggu, 16 Februari 2014

Gelar



بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Kalau bisa janganlah mencari gelar / pangkat dan pengakuan dari manusia seperti gelar ustadz , kyai , ulama dll. Gelar tersebut hanyalah untuk membedakan bahwa sang penyandang gelar memiliki pengetahuan lebih tentang agama . Ketahuilah bahwa orang yang memiliki ilmu agama kemudian tidak di ajarkan kepada orang lain maka kelak akan di mintai pertanggungjawaban . Orang – orang yang berdakwah menyebarkan ajaran islam kemudian dirinya sendiri tidak mengerjakan ajarannya maka dirinya akan masuk neraka dengan hukuman :
  • Sangat berat melebihi siksaan yang di terima ahli / penduduk neraka
  • Berupa mengelilingi lapangan neraka sedangkan neraka luasnya seluas langit dan bumi .
Jika mendapati para pendakwah yang tidak mengerjakan yang di ajarkan maka janganlah di cela / di hina karena kebencian Allah lebih besar dari kebencian manusia , hukuman dari Allah lebih besar dan sangat menyakitkan dari hukuman manusia .
Allah berfirman dalam surah Ash Shaff : 3
كَبُرَ مَقْتًا عِندَ اللَّهِ أَن تَقُولُوا مَا لَا تَفْعَلُونَ
Artinya :
“ Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa – apa yang tidak kamu kerjakan ” .

Jika ingin mendapat gelar dan pengakuan maka dapatkanlah dari Allah sang raja diraja . Di kalangan manusia jika mendapat gelar dari presiden atau raja maka sudah sangat membanggakan namun sifatnya hanya sementara jika sang pemilik gelar mati maka gelar tersebut tidak berlaku di alam akhirat namun jika mendapat gelar dari Allah maka akan berlaku di dunia dan akhirat . Gelar apa yang bisa di dapat dari Allah ? .
Sesungguhnya Allah memberi gelar bagi manusia yang menempuh jalan – Nya yaitu :
·        Berusahalah untuk menjadi ahli ibadah , ahli ibadah terbagi dalam :
·              Ahli shalat baik shalat wajib maupun shalat sunnah maka anda hanya akan masuk surga dari pintu shalat sedangkan orang lain tidak bisa memasuki pintu tersebut kecuali ahli shalat
·              Tetap mengerjakan shalat wajib dan ahli dzikir . Seluruh waktunya terisi dengan dzikir . Ahli dzikir telah sampai terlebih dulu menghadap kepada Allah . Gelar yang di dapat ahli dzikir adalah derajat wali Allah atau sufi . Ahli dzikir yang di maksud di antaranya :
·        Ahli dzikir kalimat tauhid . Seluruh waktunya hanya terisi dzikir tersebut dan tidak membaca selainnya
·        Ahli dzikir shalawat . Seluruh waktunya hanya terisi dzikir tersebut dan tidak dzikir yang lainnya
·              Tetap mengerjakan shalat wajib , puasa ramadhan dan ahli puasa sunnah . Seluruh usianya terisi dengan puasa sunnah bagaikan puasa Nabi Daud . Ahli puasa sunnah akan masuk surga dari pintu puasa dan tidak bisa masuk ke pintu tersebut kecuali ahli puasa .
·        Ahli  zakat dan sadaqah / sedekah sehingga terkenal di kalangan manusia dan malaikat sebagai orang dermawan seperti Abu Bakar ash Shiddiq ra.
·        Ahli haji dan umrah
·        Ahli syuhada’ ( jihad ) / orang yang berjuang di jalan Allah dengan harta dan jiwa .  Bentuk jihad bermacam – macam . Islam bukanlah agama yang menghalalkan pembunuhan tanpa dibenarkan oleh ajaran Allah dan Rasul – Nya . Janganlah menilai Islam sebagai agama perusak dan pembunuh . Orang – orang non islam jika ingin mempelajari islam maka jangan hanya berasal dari referensi / buku – buku acuan dari kalangan non islam namun juga berasal dari buku karangan orang – orang islam sehingga bisa mendapatkan informasi yang sebenarnya dan utuh , bukan informasi yang terpotong – potong jalan ceritanya .
·        Ahli ilmu agama maka sang pemilik ilmu disebut ‘alim atau ‘ulama . Kata ‘alim atau ‘ulama berasal dari bahasa arab . Jika ‘alim berarti seorang yang tahu , ‘ulama berarti orang – orang yang tahu . ‘Ulama ummat Nabi Muhammad bagaikan para Nabi yang di utus kepada ummat yahudi . ‘Ulama ummat Nabi Muhammad adalah pewaris para Nabi . Kedudukan ‘ulama di sisi Allah bagaikan bintang – bintang di langit . Tanda ilmu Allah dan keberkahannya di cabut adalah wafatnya para ‘ulama sehingga ummat menjadi bodoh karena tiada yang mengajari dan membimbing . Jika para ‘ulama telah tiada di atas permukaan bumi maka bila orang – orang bertanya tentang sesuatu akan di jawab oleh orang – orang yang merasa sok tahu , jawaban yang tidak berdasarkan Al Qur’an dan hadis maka jadilah mereka orang – orang yang sesat lagi menyesatkan  .


Posted by: Nama Blog magicmarketid, Updated at: 05.54.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar