Marilah berbagi ilmu karena bernilai sedekah . Sedikit ilmu namun diamalkan , itu lebih baik daripada banyak ilmu namun tidak diamalkan . Marilah kita memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan ilmu dan hargailah hasil karya orang lain . Teruslah berkarya walau di nilai kurang menarik karena mungkin bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya . Janganlah mencela hasil karya orang lain karena boleh jadi yang mencela tidak lebih baik dari yang di cela . Berupayalah mengamalkan ilmu karena ilmu yang tidak diamalkan adalah sia - sia dan tidak bermanfaat . Dari Al Fakir untuk seluruh insan . Sholawat dan Salam selalu terlimpahkan dengan istiqomah kepada Nabi Muhammad Saw. , Semoga bermanfaat baik di kehidupan dunia maupun akhirat !

Sabtu, 15 Februari 2014

Adab



بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Apalah arti memiliki ketampanan , kecantikan , tubuh sehat , kuat , cerdas , pintar , kaya ilmu , kaya harta , mempunyai jabatan namun tidak shalat dan tidak tahu adab sopan santun ? .
Orang – orang yang tidak shalat atau tidak melaksanakan kewajiban yang telah diperintahkan oleh Allah adalah orang – orang yang tidak tahu terima kasih karena Allah telah memberi berbagai macam kenikmatan yang tak terhitung banyaknya namun tidak mau shalat , dan orang – orang yang tidak tahu adab sopan santun bagaikan hewan .
Nabi Muhammad Saw. di utus kepada ummat manusia untuk menyempurnakan akhlak . Akhlak yang mulia adalah ilmu tertinggi dalam Islam . Adab sopan santun yang perlu di ikuti adalah akhlak yang berdasarkan Al Quran dan Hadis sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad dan bukan adab sopan santun berdasarkan hasil pemikiran tiap – tiap orang yang tidak berdasarkan Al Quran dan Hadis . Setiap pendapat dan berbagai macam bidang studi seharusnya berpedoman / berlandaskan kepada Al Quran dan Hadis , bukan Al Quran dan Hadis yang mengikuti hasil pemikiran manusia .
Dengan sebab rahmat Allah dan akhlak mulia maka dapat mempersatukan semua hati manusia yang berbeda pendapat .
Allah berfirman dalam surah Ali Imran : 159
فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللَّهِ لِنتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ 
Artinya :
“ Maka disebabkan rahmat dari Allah – lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka . Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar , tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu ” .

Allah berfirman dalam surah Al Anfal : 63
وَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ ۚ لَوْ أَنفَقْتَ مَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا مَّا أَلَّفْتَ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ وَلَٰكِنَّ اللَّهَ أَلَّفَ بَيْنَهُمْ ۚ إِنَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ
Artinya :
“ dan Yang mempersatukan hati mereka ( orang – orang yang beriman ) . Walaupun kamu membelanjakan semua ( kekayaan ) yang berada di bumi , niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka , akan tetapi Allah telah mempersatukan hati mereka . Sesungguhnya Dia Maha Gagah lagi Maha Bijaksana ” .

Sifat Nabi Muhammad Saw adalah lemah lembut kepada sesama muslim namun bersikap tegas dan keras kepada non muslim yang memusuhi Islam dan ummat Islam .

Posted by: Nama Blog magicmarketid, Updated at: 05.52.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar