Marilah berbagi ilmu karena bernilai sedekah . Sedikit ilmu namun diamalkan , itu lebih baik daripada banyak ilmu namun tidak diamalkan . Marilah kita memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan ilmu dan hargailah hasil karya orang lain . Teruslah berkarya walau di nilai kurang menarik karena mungkin bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya . Janganlah mencela hasil karya orang lain karena boleh jadi yang mencela tidak lebih baik dari yang di cela . Berupayalah mengamalkan ilmu karena ilmu yang tidak diamalkan adalah sia - sia dan tidak bermanfaat . Dari Al Fakir untuk seluruh insan . Sholawat dan Salam selalu terlimpahkan dengan istiqomah kepada Nabi Muhammad Saw. , Semoga bermanfaat baik di kehidupan dunia maupun akhirat !

Rabu, 27 Maret 2013

Ilmu Amal



بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Jika anda hendak mengajarkan / menyampaikan satu ayat atau melaksanakan perintah Allah yaitu amar ma’ruf nahi munkar maka tidak perlu mendalam ilmunya . Amalkanlah sesuatu yang diketahui walau sedikit . Allah berfirman dalam surah Al Baqarah : 286
لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ 
Artinya :
“ Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya ” .
 Jika hendak mengamalkan ilmu namun masih menunggu sempurnanya ilmu / memiliki pengetahuan agama yang mendalam atau menunggu diri sendiri supaya merasa siap melaksanakannya kemudian kapan akan melaksanakannya ? .
Allah telah berfirman dalam surah Ali Imran : 133
وَسَارِعُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِّن رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ
Artinya :
Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa
Manusia tidak ada yang tahu kapan ajalnya , dimana akan meninggal , berapa batas akhir usianya , jadi berusahalah untuk bersegera melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan – Nya tanpa harus menunda atau menunggu kesiapan untuk berbuat . Jika ingin menjadi ahli agama seperti ahli fikih, ahli tafsir , ahli hadis dan disiplin ilmu agama yang lain maka harus mempelajari Al qur’an dan Hadis . Bukankah Nabi Saw. Telah bersabda : “ Sampaikanlah dariku meskipun satu ayat ”. Jika orang lain bertanya kemudian tidak tahu jawabannya maka katakanlah dengan jujur dan tidak perlu merasa malu bahwa tidak tahu jawabannya . Jika tidak tahu kemudian menjawab tahu maka yang terjadi adalah dirinya sesat dan menyesatkan orang lain .

Posted by: Nama Blog magicmarketid, Updated at: 11.17.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar