Marilah berbagi ilmu karena bernilai sedekah . Sedikit ilmu namun diamalkan , itu lebih baik daripada banyak ilmu namun tidak diamalkan . Marilah kita memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan ilmu dan hargailah hasil karya orang lain . Teruslah berkarya walau di nilai kurang menarik karena mungkin bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya . Janganlah mencela hasil karya orang lain karena boleh jadi yang mencela tidak lebih baik dari yang di cela . Berupayalah mengamalkan ilmu karena ilmu yang tidak diamalkan adalah sia - sia dan tidak bermanfaat . Dari Al Fakir untuk seluruh insan . Sholawat dan Salam selalu terlimpahkan dengan istiqomah kepada Nabi Muhammad Saw. , Semoga bermanfaat baik di kehidupan dunia maupun akhirat !

Sabtu, 11 Agustus 2012

Pencuri Pahala



  • Diriwayatkan dari Aisyah ra. , dia berkata : saya pernah bertanya kepada Rasulullah Saw. tentang menoleh ketika shalat , kemudian beliau menjawab : “ Itulah upaya setan mencuri shalat ” .
  • Diriwayatkan dari Yahya bin Sa’id dari Nu’man bin Muroh Al Anshari bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda : “ Apa yang kalian lihat tentang peminum minuman keras , pencuri dan pezina ? ” Mereka menjawab : Allah dan Rasul - Nya yang lebih mengetahui . Kemudian Beliau bersabda : “ Mereka orang - orang yang keji dan berdosa . Seburuk - buruk manusia ialah pencuri yang mencuri dari shalatnya yakni tidak sempurna ruku’nya , sujudnya dan khusyu’nya ” .
  • Diriwayatkan : dahulu ada seorang pelacur dari kalangan Bani Israil berkeinginan untuk mendekati seorang ahli ibadah dan duduk bersamanya karena ingin mendapat sesuatu yang berguna baginya , tiba - tiba ahli ibadah tersebut merasa jijik dan enggan pada pelacur itu sehingga di usir dari majlisnya maka Allah menurunkan wahyu kepada seorang Nabi yang telah di utus kepada Bani Israil bahwa “ Allah telah mengampunkan dosa pelacur tersebut dan menggugurkan amal ahli ibadah itu ” . Seorang yang bodoh dan maksiyat , jika ia tawadhu / rendah diri karena takut dan segan kepada Allah berarti telah berbuat taat bahkan lebih taat daripada seorang alim yang sombong dan membanggakan ibadahnya .
  • Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud ra. , dia berkata : Janganlah seseorang memberikan sebagian shalatnya kepada setan dengan menganggap bahwa beranjak seusai shalat adalah dari arah kanan , padahal saya sering kali melihat Nabi Saw. beranjak seusai shalat dari arah kiri ” .
Berikut dijelaskan tentang beberapa macam pencuri pahala yakni :
    1. Jika selesai shalat dan hendak beranjak dari tempatnya maka berbaliklah ke arah kiri , jika berbalik ke arah kanan berarti telah merelakan sebagian shalatnya kepada setan
    2. Hiasilah segala perbuatan dengan sifat tawadhu / rendah diri dan jangan sombong karena kesombongan akan menggugurkan / menghapus amal baik
    3. Shalat dikerjakan dengan thuma’ninah / berdiam diri dalam waktu agak lama dan tidak tergesa - gesa . Shalat yang dikerjakan dengan tergesa - gesa berarti telah mengurangi keistimewaan dan kesempurnaan shalat , inilah yang di sebut pencuri shalat .
    4. Seseorang yang menjadi imam dalam suatu majlis kemudian tanpa memberitahu / izin kepada makmum , doa yang dipanjatkan hanya dikhususkan untuk dirinya sendiri dan bukan untuk umum , inilah yang di sebut pencuri doa . Contoh : Allaahummaghfirlii ( Ya Allah ampunilah aku ) padahal menjadi seorang imam , seharusnya doa yang dipanjatkan adalah Allaahummaghfirlanaa ( Ya Allah ampunilah kami ) .
    5. Jika seseorang bertamu dengan mengucapkan salam kemudian jawaban salam didahului dan diucapkan oleh orang yang bukan pemilik rumah maka inilah yang di sebut pencuri pahala . Contoh : A hendak bertamu ke rumah B dengan mengucapkan salam kemudian kebetulan C lewat di depan rumah B dan menjawab ucapan salam A sebelum B menjawab salam .

Posted by: Nama Blog magicmarketid, Updated at: 16.07.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar