Marilah berbagi ilmu karena bernilai sedekah . Sedikit ilmu namun diamalkan , itu lebih baik daripada banyak ilmu namun tidak diamalkan . Marilah kita memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan ilmu dan hargailah hasil karya orang lain . Teruslah berkarya walau di nilai kurang menarik karena mungkin bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya . Janganlah mencela hasil karya orang lain karena boleh jadi yang mencela tidak lebih baik dari yang di cela . Berupayalah mengamalkan ilmu karena ilmu yang tidak diamalkan adalah sia - sia dan tidak bermanfaat . Dari Al Fakir untuk seluruh insan . Sholawat dan Salam selalu terlimpahkan dengan istiqomah kepada Nabi Muhammad Saw. , Semoga bermanfaat baik di kehidupan dunia maupun akhirat !

Senin, 06 Agustus 2012

Hati - Hatilah !



Berhati - hatilah terhadap beberapa golongan manusia yang akan dijelaskan berikut  karena dapat membawa akibat yang buruk baik di dunia maupun di akhirat yakni :
  • Rasulullah Saw. bersabda : “ Hati - hatilah dari 3 golongan manusia : Ulama yang lalai , Orang - orang fakir yang penjilat , dan Orang - orang bodoh yang bertasawuf ” .
  • Nabi Saw. bersabda : “ Yang paling kutakuti menimpa kepada ummatku ialah munafik yang pandai bicara ” .
  • Abu Musa Al - Asy’ary ra. berkata : Nabi Saw. bersabda : “ Sebenarnya perumpamaan sahabat yang baik dan sahabat yang buruk itu bagaikan pembawa misik dan peniup api . Pembawa misik adakalanya memberi kepadamu atau kau membeli kepadanya atau kau mendapat bau harum daripadanya . Adapun peniup api , kalau tidak membakar pakaianmu maka kau akan mendapat bau busuk daripadanya ” . Abu Hurairah ra. berkata : Nabi Saw. bersabda : “ Seseorang bernisbah menurut pemahaman agama teman karibnya karena itu harus diperhatikan dengan siapakah berteman karib ” .
  • Abdullah bin Mas’ud ra. berkata : Nabi Saw. bersabda : “ Tiada masuk surga siapa yang dalam hatinya ada seberat dzarrah / atom kecil dari sombong , kemudian ada orang berkata : adakalanya seorang itu suka berpakaian bagus . Nabi Saw. bersabda : Sesungguhnya Allah indah menyukai keindahan . Sombong adalah menolak yang hak / kebenaran dan merendahkan orang lain ” . Abu Hurairah ra. berkata : Rasulullah Saw. bersabda : Allah telah berfirman : “ Kemuliaan itu pakaian - Ku dan kebesaran / kesombongan itu selendang - Ku maka siapa yang menyaingi - Ku dalam salah satunya tentu Aku siksa dia ” .
  • Abu Hurairah ra. berkata : Rasulullah Saw. bersabda : “ Tiga orang yang pada hari kiamat tidak akan diampuni dan tidak akan di lihat dengan pandangan rahmat Allah dan bagi mereka disediakan siksa yang pedih . ( 1 ) Orang tua renta yang berzina ( 2 ) Pemerintah / raja / presiden yang pendusta ( 3 ) Orang melarat / fakir / miskin yang sombong ” .
  • Jabir ra. berkata : Rasulullah Saw. bersabda : “ Sesungguhnya orang yang sangat saya kasihi dan terdekat padaku majlisnya pada hari kiamat adalah yang terbaik budi pekertinya / akhlaknya , dan orang yang sangat saya benci dan terjauh daripadaku pada hari kiamat adalah Orang yang banyak bicara , Sombong dalam pembicaraannya dan Berlagak menunjukkan kepandaiannya ” .
Berdasarkan keterangan hadis di atas , beberapa golongan manusia yang perlu diwaspadai kejelekannya yakni :
    1. Ulama yang lalai dari tugasnya
    2. Orang - orang fakir yng penjilat . Fakir di sini dapat bermakna merasa tidak cukup terhadap harta atau pengetahuan yang dimiliki
    3. Orang - orang bodoh bertasawuf  yakni orang - orang yang melakukan ajaran tasawuf namun tidak melakukan ajaran syariat seperti shalat dan puasa . Mereka sesat dan dapat menyesatkan orang lain , oleh sebab itu begitu pentingnya mempelajari ilmu ajaran Islam . Ajaran tasawuf didasarkan kepada Al Qur’an dan Hadis maksudnya segala perbuatan yang harus dikerjakan dan disiplin / istiqamah dalam mengerjakannya harus berdasarkan ajaran yang terdapat dalam Al Qur’an dan Hadis , bila menyimpang dari keduanya maka sesat dan orang yang melakukan ajaran tasawuf di sebut sufi
    4. Orang munafik yang pandai bersilat lidah .
    5. Teman
    6. Orang tua yang berzina
    7. Pemerintah yang pendusta
    8. Orang fakir miskin yang sombong
    9. Orang yang banyak bicara , sombong dalam kata - katanya dan berlagak menunjukkan kepandaiannya

Posted by: Nama Blog magicmarketid, Updated at: 11.57.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar