Marilah berbagi ilmu karena bernilai sedekah . Sedikit ilmu namun diamalkan , itu lebih baik daripada banyak ilmu namun tidak diamalkan . Marilah kita memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan ilmu dan hargailah hasil karya orang lain . Teruslah berkarya walau di nilai kurang menarik karena mungkin bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya . Janganlah mencela hasil karya orang lain karena boleh jadi yang mencela tidak lebih baik dari yang di cela . Berupayalah mengamalkan ilmu karena ilmu yang tidak diamalkan adalah sia - sia dan tidak bermanfaat . Dari Al Fakir untuk seluruh insan . Sholawat dan Salam selalu terlimpahkan dengan istiqomah kepada Nabi Muhammad Saw. , Semoga bermanfaat baik di kehidupan dunia maupun akhirat !

Kamis, 24 Januari 2013

Gempa Bumi



بسم الله الرحمن الرحيم
وَمَا أَصَابَكُم مِّن مُّصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَن كَثِيرٍ [٤٢:٣٠]
(Dan apa saja yang telah menimpa kalian) khithab ayat ini ditujukan kepada orang-orang mukmin (berupa musibah) berupa malapetaka dan kesengsaraan (maka adalah karena perbuatan tangan kalian sendiri) artinya, sebab dosa-dosa yang telah kalian lakukan sendiri. Diungkapkan bahwa dosa-dosa tersebut dikerjakan oleh tangan mereka, hal ini mengingat, bahwa kebanyakan pekerjaan manusia itu dilakukan oleh tangan (dan Allah memaafkan sebagian besar) dari dosa-dosa tersebut, karena itu Dia tidak membalasnya. Dia Maha Mulia dari menduakalikan pembalasan-Nya di akhirat. Adapun mengenai musibah yang menimpa kepada orang-orang yang tidak berdosa di dunia, dimaksudkan untuk mengangkat derajatnya di akhirat kelak.

Gempa bumi , banjir  dan apa pun bentuk musibahnya merupakan peringatan dari Allah agar manusia taat kepada Allah dan sebagai akibat dari perbuatan manusia . Apabila terjadi gempa bumi maka ucapkanlah :
سبحان الله و الحمد لله و لا إله إلا الله و الله أكبر و لا حول و لا قوة إلا با لله العلى العظيم
Subahaanallaah wal hamdu lillah wa laa ilaaha illallaah wallaahu akbar wa laa haula wa laa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘adziim

Mengapa membaca tasbih ? dasar hukumnya adalah surah An Nuur : 41
أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ يُسَبِّحُ لَهُ مَن فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَالطَّيْرُ صَافَّاتٍ ۖ كُلٌّ قَدْ عَلِمَ صَلَاتَهُ وَتَسْبِيحَهُ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ بِمَا يَفْعَلُونَ [٢٤:٤١]
(Tidakkah kamu melihat, bahwasanya Allah kepada-Nya bertasbih apa yang di langit dan di bumi) dan termasuk ke dalam pengertian bertasbih adalah salat (dan juga burung-burung) lafal Thair adalah bentuk jamak dari lafal Ath Thaair, yakni makhluk yang terbang antara bumi dan langit (dengan mengembangkan sayapnya) lafal Shaaffaatin adalah Hal atau kata keterangan keadaan dari burung-burung tadi, yaitu burung-burung itu membaca tasbih dengan mengembangkan sayapnya. (Masing-masingnya telah diketahui) oleh Allah (cara salat dan bertasbihnya, dan Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan). Di dalam ungkapan ini, semuanya dianggap sebagai makhluk yang berakal. 

Pada masa - masa yang akan datang , gempa bumi akan lebih sering terjadi sebagai tanda telah dekat hari kiamat sebagaimana yang diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda : " Kiamat tidak akan terjadi kecuali setelah :
  1. 2 kelompok besar saling membunuh sehingga menimbulkan korban besar
  2. munculnya dajjal , pembohong besar yang hampir mencapai 30 jumlahnya dan semuanya mengaku sebagai utusan Allah
  3. lenyapnya ilmu pengetahuan ( dengan wafatnya ulama )
  4. banyak terjadi gempa
  5. waktu berlalu sangat cepat
  6. munculnya berbagai fitnah
  7. banyak pembunuhan
  8. harta melimpah ruah sehingga pemilik harta sulit menemukan orang yang sudi menerima sedekah
  9. manusia berlomba - lomba membangun gedung tinggi
  10. ketika seseorang melewati kuburan orang lain , ia akan berkata : sungguh senang jika saya berada di tempatnya
  11. matahari muncul dari barat ......................................................................................  




Posted by: Nama Blog magicmarketid, Updated at: 20.48.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar