Marilah berbagi ilmu karena bernilai sedekah . Sedikit ilmu namun diamalkan , itu lebih baik daripada banyak ilmu namun tidak diamalkan . Marilah kita memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan ilmu dan hargailah hasil karya orang lain . Teruslah berkarya walau di nilai kurang menarik karena mungkin bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya . Janganlah mencela hasil karya orang lain karena boleh jadi yang mencela tidak lebih baik dari yang di cela . Berupayalah mengamalkan ilmu karena ilmu yang tidak diamalkan adalah sia - sia dan tidak bermanfaat . Dari Al Fakir untuk seluruh insan . Sholawat dan Salam selalu terlimpahkan dengan istiqomah kepada Nabi Muhammad Saw. , Semoga bermanfaat baik di kehidupan dunia maupun akhirat !

Kamis, 02 Mei 2013

Membicarakan Kebaikan




بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ
Jika mencintai dan mengasihi seseorang karena akhlak dan berbagai macam perbuatan baiknya kemudian orang yang dicintai dan dikasihi tersebut meninggal maka janganlah terlalu memuja dan memujinya . Mengapa tidak boleh memuja , memuji bahkan selalu menceritakan akhlak dan kebaikannya ? .
Jawab :
1 . Seseorang dapat berakhlak mulia dan dapat mengerjakan berbagai perbuatan baik bukan karena usahanya sendiri untuk berbuat baik namun karena kurnia dan rahmat Allah , seseorang dapat berakhlak baik dan mengerjakan segala perbuatan baik . Adapun dasar hukumnya adalah surat An Nuur : 21
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ وَمَن يَتَّبِعْ خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ فَإِنَّهُ يَأْمُرُ بِالْفَحْشَاءِ وَالْمُنكَرِ ۚ وَلَوْلَا فَضْلُ اللَّهِ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَتُهُ مَا زَكَىٰ مِنكُم مِّنْ أَحَدٍ أَبَدًا وَلَٰكِنَّ اللَّهَ يُزَكِّي مَن يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ
Artinya :
“ Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan . Barangsiapa yang mengikuti langkah-langkah syaitan , maka sesungguhnya syaitan itu menyuruh mengerjakan perbuatan yang keji dan yang mungkar . Sekiranya tidaklah karena kurnia Allah dan rahmat-Nya kepada kamu sekalian , niscaya tidak seorangpun dari kamu bersih (dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar itu) selama-lamanya , tetapi Allah membersihkan siapa yang dikehendaki-Nya . Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui ” .
2 . Berhentilah dengan segera membicarakan akhlak dan kebaikan seseorang yang telah meninggal karena setiap membicarakan kebaikannya maka orang yang dibicarakan tersebut akan selalu di tanya oleh malaikat Munkar dan Nakir tentang pujian yang dibicarakan orang – orang yang masih hidup . Contoh pertanyaan malaikat : ketika orang – orang yang masih hidup membicarakan kebaikan dan akhlaknya maka malaikat bertanya : apa benar kamu berbuat seperti itu ? . jika menjawab benar maka boleh jadi akan di siksa karena malaikat berpedoman kepada firman Allah dalam surah An Nuur : 21 di atas .
    Jadi jika memang benar – benar mencintai dan mengasihi seseorang karena perbuatan baiknya maka segeralah berhenti selalu membicarakan kebaikan dan akhlaknya seorang yang telah meninggal .


Posted by: Nama Blog magicmarketid, Updated at: 18.47.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar