Marilah berbagi ilmu karena bernilai sedekah . Sedikit ilmu namun diamalkan , itu lebih baik daripada banyak ilmu namun tidak diamalkan . Marilah kita memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan ilmu dan hargailah hasil karya orang lain . Teruslah berkarya walau di nilai kurang menarik karena mungkin bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya . Janganlah mencela hasil karya orang lain karena boleh jadi yang mencela tidak lebih baik dari yang di cela . Berupayalah mengamalkan ilmu karena ilmu yang tidak diamalkan adalah sia - sia dan tidak bermanfaat . Dari Al Fakir untuk seluruh insan . Sholawat dan Salam selalu terlimpahkan dengan istiqomah kepada Nabi Muhammad Saw. , Semoga bermanfaat baik di kehidupan dunia maupun akhirat !

Minggu, 17 Desember 2017

Bencana , Dzikir dan Doa



بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Setiap bencana yang menimpa individu ataupun masyarakat maka perlu kiranya introspeksi diri atau bertanya pada diri sendiri . Mengapa bencana tersebut sampai terjadi dan menimpa ?
Mari sejenak berkunjung kepada Imaamul Karaamah : Al Qur’an sebagai imam dan kebanggaan setiap orang yang beriman atau mempercayainya .
1.      Allah tidak akan menimpakan bencana jika pandai bersyukur dan beriman ( An Nisaa’ : 147 )
2.      Musibah yang menimpa disebabkan hasil dari perbuatan diri sendiri ( Asy Syura : 30 )
3.     Kalau bukan karena rahmat Allah maka pastilah binasa semua manusia akibat dari perbuatan manusia namun Allah menangguhkan bencana atau siksaan sampai tiba waktu datangnya ajal ( Faathir : 45 ) . Bila telah tiba ajal maka pasti terjadi ( Yunus : 49 )
4.      Bencana yang menimpa akibat ketidakpedulian atau acuh tak acuh pada perbuatan munkar yang ada disekitarnya sehingga bencana tersebut menimpa tidak hanya kepada orang yang berbuat munkar namun juga kepada orang yang beriman ( Al Anfaal : 25 )
5.      Apapun bentuk bencana atau musibah yang terjadi di bumi maupun yang menimpa diri pasti terjadi atas izin dari Allah dan telah tertulis di lauh mahfudz ( At Taghabun : 11 dan Al Hadid : 22 )
6.      Bencana yang menimpa disebabkan karena pembangkangan / ketidaktaatan pada Allah dan Rasul – Nya , sebagai contoh adalah kaum ‘aad , tsamud dan kaum luth ( An Najm : 50 – 54 )
7.      Bencana yang menimpa sebagai akibat dari perbuatan merusak bumi , baik di darat , laut dan udara sehingga Allah menimpakan bencana agar manusia merasakan akibat perbuatannya ( Ar Ruum : 41 )
8.      Allah membinasakan kota – kota atau negeri karena penduduknya pasti telah berbuat aniaya dan sebelum membinasakan kota atau negeri , Allah pasti telah mengirim seseorang yang membacakan , menyampaikan dan memberi peringatan firman Allah kepada penduduk kota atau negeri ( Al Qashash : 59 ) .
Berdasarkan firman Allah tersebut , Khalifah Umar bin Khattab pernah suatu hari mendatangi kaum yang ditimpa gempa . Umar bin Khattab bertanya kepada penduduk negeri yang ditimpa gempa yaitu dosa apakah yang telah dilakukan sehingga Allah menimpakan gempa ?

Doa jika ditimpa bencana :

اَللَّهُمَّ إِنْ تُعَذِّبْنَا فَإِنَّنَا عِبَادُكَ ۖ وَإِن تَغْفِرْ لَنَا فَإِنَّكَ أَنتَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْحَكِيمُ
Ya Allah , jika Engkau menyiksa kami maka sesungguhnya kami adalah hamba – hamba – Mu dan jika Engkau mengampuni kami , maka sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana


Doa jika ditimpa gempa :

رَبِّ لَوْ شِئْتَ أَهْلَكْتَهُم مِّن قَبْلُ وَإِيَّـٰىَ ۖ أَتُهْلِكُنَا بِمَا فَعَلَ ٱلسُّفَهَآءُ مِنَّآ ۖ إِنْ هِىَ إِلَّا فِتْنَتُكَ تُضِلُّ بِهَا مَن تَشَآءُ وَتَهْدِى مَن تَشَآءُ ۖ أَنتَ وَلِيُّنَا فَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَا ۖ وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْغَـٰفِرِينَ
Ya Tuhanku, kalau Engkau kehendaki, tentulah Engkau membinasakan mereka dan aku sebelum ini. Apakah Engkau membinasakan kami karena perbuatan orang-orang yang kurang akal di antara kami? Itu hanyalah cobaan dari Engkau, Engkau sesatkan dengan cobaan itu siapa yang Engkau kehendaki dan Engkau beri petunjuk kepada siapa yang Engkau kehendaki. Engkaulah Yang memimpin kami, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkaulah Pemberi ampun yang sebaik-baiknya ( Al A’raaf : 155 )


Dzikir jika terjadi gempa :

سُبْحَانَ اللَّه وَ الْحَمْدُ لِلَّه وَ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللَّه وَ اللَّه أَكْبَر
Atau
سُبْحَانَ الَّذِى مَا فِى ٱلسَّمَـٰوَ‌ٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۖ وَهُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْحَكِيمُ



Disusun oleh Moh Hasan AlBasri
Kaliwates , Jember , Jawa Timur , Indonesia

Posted by: Nama Blog magicmarketid, Updated at: 01.34.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar